PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI DENGAN MODEL CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING (CTL) MELALUI MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS VII MTs PLUS AL HIDAYAH KROYA TAHUN PELAJARAN 2015/2016

Eli Elifah

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) proses pembelajaran menulis puisi dengan model contextual teaching and learning melalui media gambar, (2) peningkatan keterampilan menulis puisi dengan model contextual teaching and learning melalui media gambar, (3) perubahan minat dan perilaku belajar siswa kelas VII MTs Plus Al Hidayah Kroya setelah mengikuti pembelajaran menulis puisi dengan model contextual teaching and learning melalui media gambar. Dari hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa proses pembelajaran menulis puisi menggunakan model contextual teaching and learning (CTL) melalui media gambar yaitu; (a) peneliti memberikan gambaran tentang model contextual teaching and learning (CTL) melalui media gambar, (b) peneliti memberikan contoh menulis puisi dengan model contextual teaching and learning (CTL) melalui media gambar, (c) siswa ditugasi menulis puisi berdasarkan gambar yang telah disediakan dengan cara berkelompok, (d) peneliti mengawasi dan memberi motivasi kepada siswa saat proses pembelajaran, (e) siswa mempresentasikan hasil menulis puisinya di depan kelas, (f) peneliti memberikan penilaian hasil puisi siswa. Peningkatan keterampilan menulis puisi menggunakan model contextual teaching and learning (CTL) melalui media gambar mengalami peningkatan, dapat dilihat dari hasil prasiklus, yaitu 64,76. Pada siklus I, 75,45. Pada siklus II, 80,33. Perubahan minat dan perilaku  pada siswa kelas VII MTs Plus Al Hidayah Kroya setelah mengikuti pembelajaran menulis puisi menggunakan model contextual teaching and learning (CTL) melalui media gambar dapat dikatakan meningkat dan berubah ke arah positif. Terlihat dari hasil angket minat siswa terhadap pembelajaran menulis puisi, prasiklus terdapat 8 siswa atau 24,24%, siklus I sebesar 25 siswa atau 75,75% , dan siklus II sebesar 29 siswa atau 87,87%. Pada hasil observasi perilaku siswa dalam hal keaktifan, prasiklus sebesar 5 siswa atau 15,15%, siklus I sebesar 15 siswa atau 45,45%, dan siklus II sebesar 24 siswa atau 72,72%.

 

Kata Kunci:  Keterampilan Menulis Puisi, Model Contextual Teaching and Learning (CTL), Media Gambar


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.