PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MELALUI MEDIA GAMBAR MENGGUNAKAN METODE THINK TALK WRITE PADA SISWA KELAS VIII A SMP MA’ARIF 2 ALIAN TAHUN AJARAN 2015/2016
Abstract
ABSTRAK: Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsi: (1) penerapan pembelajaran keterampilan menulis puisi melalui media gambar menggunakan metode think talk write, (2) pengaruh penggunaan media gambar menggunakan metode think talk write terhadap keaktifan, interaksi, dan situasi siswa dalam pembelajaran menulis puisi, (3) peningkatan keterampilan menulis puisi setelah diadakan pembelajaran melalui media gambar menggunakan metode think talk write. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII A SMP Ma’arif 2 Alian tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 22 siswa.Pengumpulan data menggunakan teknik tes dan non tes.Tenik tes berupa tes kemampuan menulis puisi, sedangkan teknik nontes berupa lembar observasi, angket, dan dokumentasi foto.Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif.Teknik validitas data menggunakan triangulasi.Teknik penyajian data menggunakan teknik penyajian informal. Hasil penelitian ini adalah penerapan pembelajaran menulis puisi melalaui media gambar menggunakan metode think talk write terdapat lima tahap yaitu siswa memperhatikan gambar, memilih gambar tersebut, berdiskusi dengan teman sekelompok, mencatat hal-hal penting dari gambar, dan membuat puisi dengan unsur pembangun puisi yang benar. Pengaruh pembelajaran keterampilan menulis puisi melalui media gambar menggunakan metode think talk write terhadapkeaktifan, interaksi, dan situasi mengalami peningkatan pada prasiklus keaktifan siswa 50%, interaksi 54,54%, dan situasi 59,01%. Selanjutnya, pada siklus I keaktifan siswa meningkat menjadi 77,27%, interaksi siswa 63,64%, dan situasi siwa menjadi 68,18%. Pada siklus II keaktifan siswa 90,90%, interaksi siwa 81,82%, dan situasi siswa menjadi 86,36%. Peningkatan keterampilan menulis puisi pada siswa kelas VIII A dapat diketahui dari nilai rata-rata kelas, yaitu pada prasiklus 65,36 menjadi 74,64 pada siklus I, dan meningkat lagi pada siklus II hasil menjadi 80,45
Kata kunci : peningkatan, menulis puisi, media gambar, metode think talk write.
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.