PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS BERITA DENGAN MODEL GROUP INVESTIGATION PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 2 ADIMULYO TAHUN AJARAN 2015/2016
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsi: (1) proses pembelajaran menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP Negeri 2 Adimulyo tahun ajaran 2015/2016 dengan model Group Investigation; (2) perubahan perilaku siswa kelas VIII SMP selama mengikuti pembelajaran dengan model Group Investigation; (3) peningkatan hasil keterampilan menulis teks berita pada siswa kelas VIII SMP setelah mengikuti pembelajaran menulis teks berita dengan model Group Investigation. Penelitian ini termasuk penelitian tindakan kelas yang artinya peneliti melakukan tindakan-tindakan tertentu agar dapat memperbaiki dan meningkatkan praktik-praktik pembelajaran di kelas secara profesional. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIII C SMP Negeri 2 Adimulyo tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 32 siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan teknik nontes. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah instrumen tes dan instrumen nontes. Dalam analisis data, digunakan dengan teknik analisis kualitatif dan teknik analisis kuantitatif. Untuk mengecek keabsahan data, digunakan teknik validitas data melalui triangulasi. Dalam penyajian hasil analisis data digunakan teknik informal. Hasil penelitian ini adalah proses pembelajaran menulis teks berita dengan model Group Investigation dimulai dengan siswa berkelompok beranggotakan 5-6 siswa. Kemudian bereksplorasi dan berdiskusi menentukan topik dan mengidentifikasi pokok-pokok penting yang terdapat dalam contoh teks berita. Siswa menulis teks berita secara individu berdasarkan hasil eksplorasinya. Perwakilan masing-masing kelompok mempresentasikan hasil tulisannya di depan kelas. Perubahan perilaku siswa selama mengikuti pembelajaran berubah menuju ke arah yang lebih baik. Hal itu diperoleh dari aspek kesiapan mencapai 87,5%, aspek perhatian mencapai 81,25%, aspek motivasi mencapai 71,87%, dan aspek keaktifan mencapai 68,76%. Hasil keterampilan menulis teks berita siswa terlihat dari meningkatnya jumlah nilai rerata kelas. Nilai rerata kelas pada prasiklus 64,43 menjadi 70,53 pada siklus I, dan meningkat menjadi 75,5 pada siklus II.
Kata kunci: Keterampilan menulis teks berita, model Group Investigation.
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.