PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI EKSPOSITORIS DENGAN METODE MIND MAPPING PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI JETIS 4 NUSAWUNGU CILACAP TAHUN PELAJARAN 2015/2016
Abstract
ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) kemampuan menulis narasi ekspositoris dengan metode pembelajaran mind mapping, (2) pengaruh pembelajaran menulis narasi ekspositoris dengan metode mind mapping, dan (3) peningkatan kemampuan menulis narasi ekspositoris dengan metode mind mapping pada siswa kelas IV SD Negeri Jetis 4 Nusawungu, Cilacap. Dari hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa langkah-langkah pembelajaran menulis narasi ekspositoris dengan metode mind mapping yaitu; a) peserta didik memperhatikan gambar mind mapping yang dicontohkan oleh pendidik; b) membuat mind mapping dengan tema yang ditentukan oleh pendidik; c) membimbing peserta didik untuk menuliskan judul yang telah ditentukan ditengah-tengah kertas kosong, mengajak peserta didik untuk berimajinasi tentang hal-hal yang terkait dengan tema; d) membuat cabang-cabang utama dari judul yang telah ditentukan; e) mengembangkan cabang utama dengan membuat ranting-ranting dari cabang tersebut; f) menulis narasi ekspositoris berdasarkan mind mapping yang telah dibuat. Pembelajaran menulis narasi dengan metode mind mapping dapat memberikan pengaruh positif terhadap aktivitas belajar siswa kelas IV SD Negeri Jetis 4 Cilacap. Kemampuan menulis narasi ekspositoris dengan metode mind mapping mengalami peningkatan dengan hasil rata-rata prasiklus 60,74 (18,52%), siklus I 73,59 (62,96%), dan siklus II 83,74 (92,59%). Dengan demikian, metode mind mapping dapat meningkatkan kemampuan menulis narasi ekspositoris siswa kelas IV SD Negeri Jetis 4 Cilacap.
Kata kunci : kemampuan menulis dan metode mind mapping.
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.