PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS EKSPLANASI DENGAN MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 2 KEPIL TAHUN AJARAN 2015/2016

Anisa Khusnawati

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) penerapan pembelajaran menulis teks eksplanasi menggunakan media gambar pada siswa kelas VIIA SMP N 2 Kepil; (2) pengaruh media gambar terhadap minat siswa dalam menulis teks eksplanasi; (3) peningkatan keterampilan menulis teks eksplanasi pada siswa kelas VIIA SMP N 2 Kepil setelah memperoleh pembelajaran menulis teks eksplanasi menggunakan media gambar. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIA SMP N 2 Kepil tahun ajaran 2015/2016 sebanyak 22 siswa dan objek penelitian ini adalah keterampilan menulis teks eksplanasi. Penelitian ini terdiri dari tiga tahap, yaitu prasiklus, siklus I, dan siklus II. Setiap siklus terdiri atas empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Teknik pengumpulan data dilaku­kan dengan teknik tes berupa tulisan hasil siswa, selanjutnya teknik nontes berupa lem­bar  angket, observasi, wawancara, catatan lapangan dan dokumentasi foto. Dalam pe­nya­jian analisis data, digunakan teknik kualitatif dan kuantitaif. Hasil penelitian ini, dapat penulis simpulkan: (1) penerapan pembelajaran menulis teks eksplanasi meliputi guru memberikan materi teks eksplanasi dengan media gambar disertai contohnya, guru dan siswa melakukan tanya jawab,guru membagikan gambar, guru memberikan tugas kepa­da siswa untuk menulis teks eksplanasi yang sesuai dengan gambar yang telah dibagi­kan, siswa dituntun untuk menulis teks eksplanasi dengan memperhatikan struktur teks eksplanasi, isi, organisasi, kosakata, penggunaan bahasa, mekanik,siswa mempresen­tasi­kan hasil pekerjaanya secara acak dan guru mengevaluasi hasil yang ditulis oleh siswa; (2) pengaruh media gambar terhadap minat siswa terhadap kegiatan menulis teks eks­planasi dilihat dari pengamatan aspek keaktifan yang menunjukkan minat memperoleh hasil prasiklus 18,18%, siklus I menjadi 63,63%, dan siklus II menjadi 81,81% pengaruh media gambar membuat siswa antusias dan senang terhadap kegiatan pembelajaran menulis teks eksplanasi; (3) peningkatan kemampuan siswa tersebut dilihat dari hasil rata-rata siswa pada setiap tindakannya. Pada prasiklus mencapai nilai rata-rata 65,22 dan rata-rata nilai pada siklus I sebesar 75,68 dan pada siklus II sebesar 83,38. Dengan demikian, terbukti bahwa pembelajaran menulis teks eksplanasi dengan menggunakan media gambar dapat meningkatkan minat dan hasil belajar siswa.

 

Kata kunci : menulis teks eksplanasi, media gambar.


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.