PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI SUGESTIF DENGAN MEDIA KARIKATUR PADA SISWA KELAS VIIIB SMP NEGERI 4 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2013/2014

Yulianti -

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) penerapan pembelajaran menulis paragraf deskripsi dengan media karikatur pada siswa kelas VIIIB SMP Negeri 4 Purworejo, (2) perubahan perilaku siswa dalam pembelajaran menulis paragraf deskripsi menggunakan media karikatur, (3) peningkatan keterampilan siswa kelas VIIIB SMP Negeri 4 Purworejo tahun ajaran 2013/2014 dalam menulis paragraf deskripsi sugestif dengan media karikatur. Dari hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa (1) langkah-langkah pembelajaran menulis paragraf deskripsi dengan media karikatur yaitu siswa (a) diberi tugas untuk mengamati gambar karikatur, (b) menentukan tema dan judul yang sesuai dengan gambar, dan (c) siswa mengembangkan paragraf deskripsi dengan kosa kata dan ejaan yang tepat; (2) pembelajaran dengan media karikatur mampu meningkatkan sikap dan minat siswa dalam pembelajaran. Penilaian dengan lembar observasi menunjukkan bahwa perhatian dan keaktifan siswa dalam kegiatan pembelajaran  pada  prasiklus dan siklus I cukup, dan pada siklus II meningkat menjadi baik. Pada prasiklus perhatian siswa 43,75% dan keaktifan 37,50%. Selanjutnya, pada siklus I perhatian siswa meningkat menjadi 56,25% dan keaktifan 53,13%. Pada siklus, II perhatian meningkat lagi menjadi 68,75% dan keaktifan 59,38% (3) peningkatan keterampilan menulis paragraf deskripsi pada siswa kelas VIIIB SMP Negeri 4 Purworejo dapat diketahui dari nilai rata-rata pada prasiklus, siklus I, dan siklus II. Nilai rata-rata pada prasiklus hanya  61,04, pada tindakan siklus I nilai rata-rata yang diperoleh menjadi 69,13. Hasil prasiklus sampai siklus I  mengalami peningkatan sebesar 12,34. Selanjutnya pada siklus II, nilai rata-rata  meningkat lagi menjadi 73,93 dengan kata lain mengalami peningkatan sebesar 8,44.

 

Kata Kunci: menulis paragraf deskripsi, keterampilan menulis, media karikatur

 


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.