PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA PEMAHAMAN DENGAN METODE JIGSAW PADA SISWAKELAS VIII SMPMUHAMMADIYAH 1 KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Pulungq Wijiyantoko

Abstract


ABSTRAK:Tujuanpenelitianiniadalahuntukmendeskripsikan (1)peningkatankualitas proses pembelajaranmembacapemahamanpadasiswakelas VIII SMP 1 MuhammadiyahKebumentahunpelajaran 2014/2015, (2)peningkatankemampuanmembacapemahamanpadasiswakelas VIII SMP 1 MuhammadiyahKebumentahunpelajaran 2014/2015.Penelitianinimerupakanpenelitiantindakankelas.Subjekpenelitianiniadalahsiswakelas VIII SMP 1 MuhammadiyahKebumentahunpelajaran 2014/2015 sebanyak 31siswa.Penelitianiniterdiridariduasiklus,tiapsiklusmelaluitahapperencanaan, pelaksanaan, pengamatan, danrefleksi.Pengumpulan data dilakukandengantekniktesdannontes.Teniktesberupatesuraian, sedangkantekniknontesberupalembarobservasi,  lembarangketsiswa, lembar angket guru dandokumentasipoto.Dalamanalisis data digunakanteknikdeskriptifkualitatifdankuantitatif.Dalampenelitianini, teknikpenyajiananalisis data yang digunakanadalahteknik informal.PengaruhmetodeJigsaw dalampembelajaranmembacapemahaman berpengaruh positifterhadapperubahanperilakusiswakelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Kebumendalammeningkatkankualitas proses pembelajaran. Berdasarkanhasilobservasisiklus I dan siklus II, terlihatsiswa yang telahsiapmengikutipelajaran pada siklus I berjumlah 17 atau 54,8%, sedangkan pada siklus II menjadi 27 siswa atau 87%. Dari segikeaktifan pada siklus I, berjumlah 15 siswaatau 48,3%, sedangkan pada siklus II menjadi 28 siswaatau 90,3%. Dari segisemangatsiswadalammengerjakantes pada siklus I berjumlah 16 siswaatau 51,7% terlihatserius, sedangkan pada siklus II menjadi 28 siswaatau 90,3%, 15. Adapundarisegikerjasamasiswadenganteman pada siklus I berjumlah 14 siswaatau 45,2% terlihataktifbekerjasama, sedangkan pada siklus II menjadi 29 siswaatau 93,5%.PeningkatankemampuanmembacapemahamandenganmenggunakanmetodeJigsawpadasiswakelas VIII SMP Muhammadiyah 1 Kebumendapatdilihatdarihasilnilai rata-rata padasetiapsiklusnya, yaitupadaprasiklus, siklus I, dansiklus II. Padaprasiklusnilai rata-rata siswaatausebelummenggunakanmetodeJigsawdalampembelajaranmembacapemahamanadalah50,01. Padasiklus I atausesudahmenggunakanmetodeJigsawdalampembelajaranmembacapemahaman, terjadipeningkatan9,6darisiklussebelumnyamenjadi 59,82terhadapnilai rata-rata siswa. Padasiklus II terjadipeningkatan 25,2darisiklus I menjadi 85,28 terhadapnilai rata-rata siswa. Jadi, total peningkatandariprasiklussampaisiklus II adalah35,1.

 

Kata kunci: Peningkatan Membaca Pemahaman,  Metode Jigsaw


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.