ANALISIS SOSIOLOGI SASTRA DALAM NOVEL LELAKI YANG MENGGENGGAM AYAT-AYAT TUHAN KARYA TAUFIQURRAHMAN AL-AZIZY DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI SMA

Ginanjar Tri Asmoro

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur instrinsik yang terdapat dalam novel Lelaki Yang Menggenggam Ayat-Ayat Tuhan karya Taufiqurrahman al-Azizy, (2) aspek sosiologi sastra yang terdapat dalam novel Lelaki Yang Menggenggam Ayat-Ayat Tuhan karya Taufiqurrahman al-Azizy, dan (3) skenario pembelajaran unsur instrinsik dan nilai moral novel Bumi Bidadari karya Taufiqurrahman al-Azizy di kelas XI SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Artinya, penulis membahas dan mengkaji novel ticlak menggunakan angka, tetapi menekankan pada deskripsi. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) unsur intrinsik dalam novel Lelaki Yang Menggenggam Ayat-Ayat Tuhan terjalin menyatu dengan sosiologi yang terdapat di dalamnya, (2) aspek sosiologi sastra yang terdapat pada novel Lelaki Yang Menggenggam Ayat-Ayat Tuhan mencakup tiga aspek, yaitu: (a) cinta kasih, (b) kepercayaan, (c) kebudayaan, (d) pendidikan dan (3) skenario pembelajaran novel Lelaki yang Menggenggam Ayat-Ayat Tuhan karya Taufiqurrahman al-Azizy menggunakan model pembelajaran PAIKEM, yAitu: (a) para siswa diminta membentuk kelompok; (b) masing-masing kelompok diberi topik untuk dipecahkan; (c) para siswa membuat kesimpulan dari diskusi kelompok; (d) para siswa mempresentasikan hasil diskusi; (e) para siswa memperbaiki hasil analisisnya; dan (f) guru memberikan pujian terhadap siswa yang mendapatkan nilai yang paling baik.

 

Kata kunci: Aspek sosiologi, Novel Lelaki yang Menggenggam Ayat-Ayat Tuhan, dan skenario Pembelajarannya di SMA.

 


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.