NILAI AKHLAQUL KARIMAH TOKOH UTAMA DALAM NOVEL IQRA’! KARYA REZA NUFA DAN PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA MUHAMMADIYAH KUTOARJO

Efy Nurfiana

Abstract


Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) unsur intrinsik novel Iqra’! karya Reza Nufa; (2) nilai akhlaqul karimah tokoh utama dalam novel Iqra’! karya Reza Nufa; dan (3) pembelajaran unsur intrinsik dan nilai akhlaqul karimah tokoh utama yang terdapat dalam novel Iqra’! karya Reza Nufa di kelas XI SMA Muhammadiyah Kutoarjo. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi. Analisis data dilakukan dengan teknik analisis isi. Hasil analisis data disajikan dengan teknik informal. Berdasarkan dari hasil analisis data,  disimpulkan bahwa (1) unsur intrinsik novel Iqra’! karya Reza Nufa, meliputi tema, yaitu perjuangan untuk menggapai impian dan cita-cita; tokoh dan penokohan, yaitu Asep sebagai tokoh utama dan beberapa tokoh lainnya yang dapat mendukung cerita; alur yang digunakan adalah alur maju, meliputi lima tahapan yang disajikan secara runtut, yaitu tahap penyituasian, pemunculan konflik, peningkatan konflik, klimaks, dan penyelesaian; latar, terbagi menjadi tiga, meliputi latar tempat, waktu, dan sosial; sudut pandang yang digunakan pengarang yaitu orang ketiga mahatahu; dan amanat, bahwa manusia yang berilmu harus menggunakan ilmunya untuk kemaslahatan orang lain; (2) akhlaqul karimah tokoh utama dalam novel Iqra’! meliputi akhlak kepada Allah Swt., akhlak pribadi, akhlak terhadap keluarga, dan akhlak bermasyarakat yang dikemas dalam cerita sehingga tidak menggurui pembaca; dan (3) pembelajaran unsur intrinsik dan nilai akhlaqul karimah tokoh utama dalam novel Iqra’! karya Reza Nufa di kelas XI SMA Muhammadiyah Kutoarjo dilakukan dengan model Stratta sebagai berikut, (a) guru memberi tugas kepada siswa membaca novel disertai dengan memberi penjelasan secara umum materi unsur intrinsik dan nilai akhlaqul karimah, (b) guru mengulas materi tersebut, (c) guru membagi siswa menjadi beberapa kelompok untuk berdiskusi dalam menganalisis unsur intrinsik dan nilai akhlaqul karimah, (d) guru memberi tugas kepada siswa untuk presentasi, (e) guru memberikan kesempatan untuk tanya jawab, (f) guru mengomentari hasil presentasi, (g) guru memberi tugas kepada siswa untuk memperbaiki hasil pekerjaannya dan membuat sinopsis novel Iqra’! karya Reza Nufa dengan gaya bahasa sendiri. Implementasi pembelajaran dengan model Stratta yang dilakukan di SMA Muhammadiyah Kutoarjo cukup berhasil. Hal ini dibuktikan dengan evaluasi yang telah dilakukan. Hasil yang diperoleh dari evaluasi menunjukkan bahwa penguasaan materi siswa terhadap materi yang disampaikan cukup baik. Selain itu, siswa juga sangat berantusias dan semangat selama mengikuti kegiatan pembelajaran.

 

Kata kunci: unsur intrinsik, nilai akhlaqul karimah, dan pembelajaran dengan model Stratta

Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.