NILAI PENDIDIKAN KARAKTER NOVEL LAMPAU KARYA SANDI FIRLY DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA
Abstract
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur-unsur intrinsik novel Lampau karya Sandi Firly, (2) nilai pendidikan karakter novel Lampau karya Sandi Firly, dan (3) skenario pembelajaran novel Lampau di kelas XI SMA. Objek penelitian ini adalah nilai pendidikan karakter novel Lampau Karya Sandi Filry. Fokus penelitian ini adalah nilai pendidikan karakter dalam novel Lampau karya Sandi Firly, serta skenario pembelajarannya di kelas XI SMA. Sumber data berupa novel Lampau. Instrumenpenelitian ini adalah dengan kartu pencatat data. Pengumpulan data penelitian ini dilakukan dengan metode observasi. Teknik analisis data penelitian ini adalah dengan analisis isi (content analysis). Teknik yang digunakan penulis untuk menyajikan hasil analisis adalah teknik penyajian informal. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) unsur intrinsik novel Lampau karya Sandi firly terdiri atas tema: kegigihan dan kesabaran seseorang dalam menjalani lika-liku kehidupannya yang penuh dengan ujian; tokoh utama: Sandayuhan; tokoh tambahan: Amang Dulalin, Uli Idang, Ariz, Tuma, Barli, Pak Salam, Ibu Retno, Ranti, Alia Maki; alur: alur maju; latar: latar waktu, tempat, dan suasana: dan sudut pandang: orang pertama “aku”;(2) nilaipendidikan karakter novel Lampau Karya Sandi firly mencakupSembilan nilai, yaitu: a) nilai religius; b) nilai kejujuran; c) nilai toleransi; d) gemar membaca; e) nilai kerja keras; f) nilai kreatif; g) nilai kepedulian; h) nilai tanggung jawab; i) nilai disiplin;(3) skenario pembelajaran novel Lampau Karya Sandi filrydalam pembelajaran sastra di kelas XI SMA menggunakan metodePAIKEM dengan langkah-langkah kegiatan pembelajaran meliputi tahap awal, tahap inti, dan penutup.
Kata kunci: nilai pendidikan karakter, novel, skenario pembelajaran.
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.