ANALISIS NILAI RELIGIUS TOKOH NOVEL AYAT SUCI YANG MENARI KARYA GARINA ADELIA DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI SMA

Yuli Lestari

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan : (1) unsur intrinsik novel Ayat Suci yang Menari Karya Garina Adelia, (2) nilai religius sastra novel Ayat Suci yang Menari Karya Garina Adelia yang meliputi aspek nilai pendidikan aqidah, akhlak, dan syariah novelAyat Suci yang Menari Karya Garina Adelia, (4) skenario pembelajaran novel Ayat Suci yang Menari Karya Garina Adelia di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriftif kualitatif. Objek penelitian yang digunakan adalah novel Ayat Suci yang Menari Karya Garina Adelia. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah teknik pustaka dan teknik catat. Motode analisis data adalah dengan menggunkan analisis isi. Hasil penelitian ini adalah (1) unsur intrinsik novel Ayat Suci yang Menari Karya Garina Adelia meliputi, tema : mualaf yang mempercayai adanya Tuhan. Alur : maju.Tokoh utama : Laura Mogens dan Neo Javed, tokoh tambahan : Ilse, Nikki koen, Nicholas, Christopher, Jai, Zeno, Nishi Takamura, Eda Akihiro, Fayza, Cairo Sulam, dan Ustad Shahzad. Latar tempat : Bandara, hotel, mushala, hutan, rumah makan, klinik, rumah, pertambangan. Latar waktu : pagi hari, siang hari, sore hari, malam hari, tahun, bulan, seminggu, hari, jam, menit, dan setik. Latar sosial : keyakinan terhadap kuyang (penghisap darah manusia). Latar suasana : hening, tegang, mencekam, berduka. Sudut pandang yang digunakan adalah sudut pandang persona ketiga. (2) nilai religius sastra novel Ayat Suci yang Menari Karya Garina Adelia ada tiga, yaitu (a) nilai pendidikan aqidah meliputi : iman kepada Allah, iman kepada kitab Allah,iman kepada rasul Allah, dan iman kepada takdir Allah; (b) nilai pendidikan akhlak meliputi : sabar, taubat, optimistis, bersyukur, menerima hidayah, berbakti kepada kedua orang tua, dan tolong menolong; (c) nilai pendidikan syariah meliputi : perintah mengerjakan salat, perintah menuntut ilmu, berzikir kepada Allah, dan berdoa kepada Allah. (3) skenario pembelajaran novel di SMA menggunakan metode Active Learning (belajar aktif) dengan langkah-langkah : peserta didik membentuk kelompok kecil 4-6, anggota tim menyesuaikan sub topik yang akan dibahas setiap kelompok diberi materi sub topik yang berbeda, dan membentuk kelompok ahli. Kelompok ahli dibentuk dan diambil dari salah satu orang dari kelompok asal, dan tim ahli mendiskusikan sub topik yang telah dibagikan. Selanjutnya, setelah selesai sebagai tim ahli tiap anggota kelompok kembali asal berdiskusi dengan teman satu tim.

Kata kunci: Religius Sastra, Ayat Suci Yang Menari, Skenario Pembelajaran


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.