NILAI RELIGIUS NOVEL BIRU JINGGA KARYA HILMA TRIESNANDA DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI SMA
Abstract
ABSTRAK: penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik novel Biru Jingga karya Hilma Triesnanda, (2) nilai religius novel Biru Jingga karya Hilma Triesnanda,(3) skenario pembelajarannya di kelas XI SMA. objek penelitian ini adalah nilai religius novel Biru Jingga karya Hilma Triesnanda. Penelitian ini di fokuskan nilai religius hubungan manusia dengan Tuhan, hubungan manusia dengan sesama, dan skenario pembelajarannya di kelas XI SMA. sumber data dalam penelitian ini adalah seluruh teks novel Biru Jingga karya Hilma Triesnanda. Teknik pengumpulan dalam penelitian ini adalah studi pustaka dan observasi. Instrumen penelitian ini adalah penulis sendiri sebagai peneliti, kartu data, dan alat tulis. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data adalah teknik analisis isi. Teknik yang digunakan untuk menyajikan data menggunakan teknik informal. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa nilai religius novel Biru Jingga karya Hilma Triesnanda mengandung (1) unsur-unsur intrinsik novel tersebut meliputi: (a) tema: Gadis yang bekerja keras; (b) tokoh dan penokohan meliputi: tokoh utama dan tokoh tambahan; (c) alur meliputi: tahap penyituasian, tahap pemunculan konflik, tahap peningkatan konflik, tahap klimaks, dan tahap penyelesaian; (d) latar meliputi: latar tempat, latar waktu, dan latar sosial; (e) sudut pandang pengarang meliputi: sudut pandang persona ketiga, sudut pandang persona pertama, dan sudut pandang campuran; (2)nilai religius novel tersebut yaitu: (a) nilai religius yang berhubungan dengan Tuhan meliputi: berdoa, beribadah, bersyukur, dan berhijab; (b) nilai religius yang berhubungan dengan sesama meliputi: tolong menolong, ramah, berbakti kepada orang tua, keakraban, persahabatan, dan rasa peduli; (3) skenario pembelajaran menggunakan model Group Investigation. Model ini mempunyai langkah-langkah sebagai berikut: (a) Pada tahap pertama yaitu mengidentifikasi topik dan mengorganisasikan siswa ke dalam kelompok; (2) merencanakan tugas bersama-sama oleh para siswa dalam kelompoknya masing-masing; (3) melaksanakan investigasi mencari informasi, menganalisis data dan membuat laporan; (4) menyiapkan laporan akhir; (5) mepresentasikan laporan akhir, (6) evaluasi.
Kata kunci: nilai Religius, dan skenario pembelajaran
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.