PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KUANTUM SEBAGAI UPAYA PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS PARAGRAF DEDUKSI DAN INDUKSI PADA SISWA KELAS IX SMP NEGERI 4 KALIBAWANG WONOSOBO TAHUN AJARAN 2013/2014

Eko Supriyanto

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penerapan model pembelajaran kuantum dalam pembelajaran menulis deduksi dan induksi dan (2) peningkatan kemampuan menulis deduksi dan induksi siswa kelas IX SMP N 4 Kalibawang Wonosobo tahun ajaran 2013/2014.Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklus melalui tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Populasi penelitian ini adalah siswa IX-b SMP N 4 Kalibawang Wonosobo tahun ajaran 2013/2014 yang berjumlah 32 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, dan wawancara. Analisis data menggunakan tek-nik kualitatif dan kuantitatif. Adapun teknik penyajian menggunakan teknik informal. Hasil penelitian ini: 1) model pembelajaran kuantum dalam pembelajaran menulis paragraph deduksi dan induksi pada siswa kelas IX SMP Negeri 4 Kalibawang Wonosobo secara umum meliputi: (a) kegiatan awal (apersepsi, motivasi, dan penyampaian tujuan pembelajaran); (b) kegiatan inti meliputi fase “tumbuhkan”, “alami”, “namai”, “demonstrasikan”, “ulangi”, dan “rayakan; (c) kegiatan akhir (penyimpulan hasil belajar, saran dan pesan moral kepada siswa, serta refleksi). Berdasarkan refleksi pada siklus II, diketahui penggunaan metode kuantum memberikan pengaruh positif terhadap perubahan aktivitas siswa kelas IX SMP Negeri 4 Kalibawang Wonosobo. Dari hasil observasi dan hasil wawancara, diperoleh informasi bahwa ketertarikan, keseriusan, keaktifan, respons, dan sikap siswa dalam menulis mengalami peningkatan ke arah yang lebih baik (positif) setelah dilakukan pembelajaran dengan model kuantum; (2) kemampuan menulis paragraph deduksi dan induksi pada siswa kelas IX SMP Negeri 4 Kalibawang Wonosobo meningkat setelah dilakukan pembelajaran menulis dengan model kuantum. Nilai rata-rata kelas pada prasiklus 57,5 dan meningkat menjadi 65,96 pada siklus I. Pada suklis II, nilai rerata siswa meningkat lagi menjadi 76,73 yang artinya peningkatan sebesar 10,77 dengan ketuntasan hasil belajar mencapai 92,31%.

 

Kata kunci: menulis paragraph deduksi dan induksi, model kuantum


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.