NILAI PENDIDIKAN MORAL PADA FILM ALANGKAH LUCUNYA NEGERI INI KARYA MUSFAR YASIN DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DALAM PEMBELAJARAN DRAMA DI KELAS XI SMA

Ahmad Syaeful

Abstract


ABSTRAK: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik film Alangkah Lucunya Negeri Ini karya Musfar Yasin ; (2) nilai pendidikan moral film Alangkah Lucunya Negeri Ini karya Musfar Yasin; dan (3) skenario pembelajaran dengan materi nilai pendidikan moral film Alangkah Lucunya Negeri Ini karya Musfar Yasindi kelas XI SMA. Objek penelitian ini adalah unsur intrinsik dan nilai pendidikan moral film Alangkah Lucunya Negeri Inikarya Musfar Yasin. Fokus penelitian nilai pendidikan moral film Alangkah Lucunya Negeri Ini karya Musfar Yasin. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik simak bebas libat cakap dan teknik catat. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa (1) unsur intrinsik dalam film Alangkah Lucunya Negeri Ini karya Musfar Yasin meliputi: (a) tema; gambaran mengenai realita kehidupan masyarakat kelas bawah dalam mempertahankan hidup (b) tokoh dan penokohan Muluk sebagai tokoh utama dan beberapa tokoh lainnya yang dapat mendukung cerita;(c) alur yang digunakan pada yaitu menggunakan maju atau disebut juga dengan alur progresif, penulis menyajikan jalan ceritanya secara berurutan dimulai dari tahapan perkenalan ke tahapan penyelesaian secara runtut; (d) latar meliputi latar waktu, sosial, dan tempat; (e) amanat yang ingin disampaikan pengarang melalui film ini yaitu, mengenai ketidak adilan masyarakat ekonomi kelas bawah (2) nilai pendidikan moral dalam film Alangkah Lucunya Negeri Ini meliputi (a) hubungan manusia dengan Tuhan, yaitu aqidah dan ibadah; (b) hubungan antara manusia dengan diri sendiri, yaitu jujur dan sabar; (c) hubungan manusia dengan manusia lain, yaitu kepedulian terhadap sesama dan memberi semangat; dan (d) hubungan antara manusia dengan alam sekitar, yaitu memuji manfaat dari air. (3) scenario pembelajaran dengan materi nilai pendidikan moral pada film Alangkah Lucunya Negeri Ini di kelas XI SMA terdiri dari menyampaikan materi tentang unsure intrinsik drama dan nilai-nilai yang terdapat dalam karya sastra; melakukan pemutaran film Alangkah Lucunya Negeri Ini, mengidentifikasi dan menganalisis unsure intriksik dan nilai pendidikan moral pada film Alangkah Lucunya Negeri Ini secara berkelompok; membimbing peserta didik untuk mendiskusikan hasil diskusi setiap kelompok dengan kelompok lain;  memberikan kesempatan peserta didik untuk melaporkan hasil pekerjaan.

 

Kata kunci:unsur intrinsik, nilai pendidikan moral dan scenario pembelajaran


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.