PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS NASKAH DRAMA DENGAN METODE CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING PADA SISWA KELAS VIII SMP NEGERI 5 SATU ATAP SAPURAN TAHUN AJARAN 2014/2015
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan; (1) penerapan pembelajaran menulis teks naskah drama dengan metode Contextual Teaching and Learning pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Satu Atap Sapuran Tahun Ajaran 2014/2015; (2) pengaruh pembelajaran menulis teks naskah drama dengan metode Contextual Teaching and Learning terhadap sikap dan minat siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Satu Atap Sapuran Tahun Ajaran 2014/2015; (3) peningkatan keterampilan menulis teks naskah drama pada siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Satu Atap Sapuran Tahun Ajaran 2014/2015 setelah memperoleh pembelajaran menulis teks naskah drama dengan metode Contextual Teaching and Learning. Penelitian ini dilaksanakan di SMP Negeri 5 Satu Atap Sapuran. Subjek yang dikenai tindakan dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Satu Atap Sapuran Tahun Ajaran 2014/2015, dan objek dalam penelitian ini adalah kemampuan siswa dalam menulis teks naskah drama. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu melalui angket, observasi, teknik tes, wawancara, dan dokumentasi foto. Hasil penelitian ini: (1) penggunaan metode Contextual Teaching and Learning sebagai upaya peningkatkan keterampilan menulis teks naskah drama siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Satu Atap Sapuran terdiri atas prasiklus, siklus I, dan siklus II; (2) pengaruh penggunaan metode Contextual Teaching and Learning terhadap minat dan sikap belajar siswa kelas VIII SMP Negeri 5 Satu Atap Sapuran Tahun Ajaran 2014/2015 dalam menulis teks naskah drama dapat diketahui melalui hasil angket yang telah diisi siswa, observasi, dan dokumentasi foto. Hasil angket terhadap minat belajar siswa rata-rata prasiklus sebesar 39% respon positif, 28,5% kadang-kadang, 35,2% respon negatif, sedangkan pada siklus I sebesar 45% respon positif, 31% kadang-kadang, 23,5% respon negatif, dan pada siklus II 72% respon positif, 15,5% kadang-kadang, 12,5% respon negatif. Hasil angket terhadap sikap belajar siswa rata-rata prasiklus sebesar 44%, sedangkan pada siklus I sebesar 60%, dan pada siklus II sebesar 86,67%; (3) peningkatan keterampilan menulis teks naskah drama setelah mengikuti pembelajaran menulis teks naskah drama dengan metode Contextual Teaching and Learning mengalami peningkatan. Pada prasiklus rata-rata kelas sebesar 6,13 dan siswa yang sudah memenuhi KKM ada 2 orang atau 10%. Pada siklus I rata-rata kelas menjadi 7,05 siswa yang sudah memenuhi KKM ada 8 orang atau 40%. Pada siklus II rata-rata kelas meningkat menjadi 7,80 yang sudah memenuhi KKM ada 17 orang atau 85%. Mulai dari awal prasiklus hingga siklus II skor kemampuan penulisan teks naskah drama siswa telah mengalami peningkatan sebesar 1,68 atau sebesar 33,5% yaitu dari skor 6,13 menjadi 7,80.
Kata kunci: Keterampilan, Menulis Naskah Drama, Metode Contextual Teaching and LearningFull Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.