PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS TEKS PROSEDUR KOMPLEKS DENGAN METODE DISCOVERY LEARNING PADA SISWA KELAS X IPS 1 SMA NEGERI 1 SALAMAN TAHUN PELAJARAN 2014/2015

Hestin Aryani

Abstract


Penilitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) proses pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis teks prosedur kompleks dengan metode discovery learning pada siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Salaman tahun pelajaran 2014/2015 dan (2) tingkat keberhasilan keterampilan menulis teks prosedur kompleks  dengan metode discovery learning pada siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Salaman tahun pelajaran 2014/2015. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang terdiri dari tahap prasiklus, siklus I, dan siklus II. Tiap siklus terdiri dari dari tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif dan kuantitatif. Hasil penyajian analisis data disajikan dengan teknik informal. Dari penelitian ini dapat disimpulkan bahwa discovery learning tepat digunakan sebagai metode pembelajaran menulis teks prosedur kompleks pada siswa kelas X IPS 1 SMA Negeri 1 Salaman karena metode ini dapat meningkatkan keaktifan dan keterampilan menulis siswa. Data hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran menulis teks prosedur kompleks dengan metode discovery learning berpengaruh positif terhadap peningkatan keterampilan menulis siswa. Hal ini dibuktikan dari rerata hasil tes prasiklus 62,03 dan rerata hasil tes siklus I adalah 82,06 atau terjadi peningkatan sebanyak 20,03. Rerata hasil siklus I 82,06 dan rerata hasil tes kemampauan siklus II mencapai 83,26 atau terjadi peningkatan sebanyak 1,2.

 

Kata kunci: Teks Prosedur Kompleks, Discovery Learning dan Pembelajaran Menulis.


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.