ANALISIS PSIKOLOGIS TOKOH UTAMA WANITA NOVEL CAHAYA CINTA PESANTREN KARYA IRA MADAN DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA

Dewi Agustiningsih

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) nilai psikologis tokoh utama wanita dalam novel Cahaya Cinta Pesantren karya Ira Madan; (2) kaitan psikologis wanita dalam novel Cahaya Cinta Pesantren karya Ira Madan; dan (3) skenario pembelajaran dalam novel Cahaya Cinta Pesantren karya Ira Madan di kelas XI SMA.Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulkan bahwa (1) nilai psikologi wanita dengan teori kebutuhan bertingkat meliputi: kebutuhan fisiologis, berupa kebutuhan papan, pangan, dan sandang; kebutuhan rasa aman, berupa keamanan, ketentraman, kepastian, dan kesesuaian dengan lingkungannya; kebutuhan akan rasa dicintai dan rasa memiliki, berupa cinta dengan Ustad Rifqie dan teman-temannya; kebutuhan rasa harga, berupa rasa percaya diri, merasa kuat, merasa mampu dan merasa berguna; kebutuhan aktualisasi diri, Shila menjadi seorang istri dan mempunyai anak; (2)kaitan psikologi wanita kebutuhan bertingkat Shila berusaha memenuhi kebutuhan fisiologis, keamanan, dan ketentraman, kebutuhan akan rasa dicintai dan rasa memiliki, dan hubungan cinta, kebutuhan aktualisasi diri; (3) skenario pembelajaran novel Cahaya Cinta Pesanren karya Ira Madan di kelas XI SMA sesuai dengan kompetensi dasar 7.2 menganalisis unsur-unsur instrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/ terjemahan. Model pembelajaran menggunakan STAD (Student Team Achievement Divisions).Kegiatan pembelajaran terdiri dari pendahuluan, inti (eksplorasi, elaborasi, konfirmasi) dan penutup.

 

 

 

Kata Kunci:psikologi wanita, novel, skenario pembelajaran

Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.