NILAI MORAL NOVEL SEPATU DAHLAN KARYA KHRISNA PABICHARA DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA

Nurhaeni Kurniawati

Abstract


Tujuan  penelitian ini adalah mendeskripsikan unsur ekstrinsik yang terdapat dalam novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara yaitu: Hubungan antarunsur, nilai moral, dan skenario pembelajaran nilai moral  novel Sepatu Dahlan di kelas XI SMA. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik pustaka. Analisis data dilakukan dengan metode isi. Hasil analisis data disajikan dalam novel Sepatu Dahlan, yaitu(1) hubungan antarunsurdalam novel Sepatu Dahlan yaitu Hubungan tema dengan tokoh dan penokohan, hubungan tema dengan alur, hubungan tema dengan latar, hubungan tokoh dan penokohan dengan latar, hubungan alur dengan latar, hubungan judul dengan alur, hubungan judul dengan tokoh, hubungan judul dengan latar. (2) Nilai moral dalam novel Sepatu Dahlan meliputi (a) Hubungan manusia dengan Tuhan. (b) Hubungan manusia dengan alam sekitar. (c) Hubungan manusia dengan manusia lain. (d) Hubungan manusia dengan dirinya sendiri. (3) skenario pembelajaran nilai moral pada novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara memiliki kompetensi dasar menganalisis unsur-unsur ekstrinsik novel Indonesia. Metode pembelajaran yang digunakan adalah metode diskusi. Model pembelajaran yang digunakan adalah model group investigation (investigasi kelompok di lakukan dengan sistematika (a)Pendahuluan meliputi (1)guru memberi salam, berdoa dan mengabsen, (2) guru mengkondisikan kelas, (3)guru menyampaikan kompetensi dasar dan tujuan pembelajaran; (b) Inti meliputi: (1) Siswa diberikan kesempatan untuk mencari informasi/ materi secara berkelompok sesuai dengan kompetensi dasar pembelajaran baik dari membaca buku di perpustakaan ataupun berupa pertanyaan (diskusi), (2)Siswa mempresentasikan hasil analisis hubungan antarunsur dan Nilai Moral   dalam novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara dengan benar, logis, percaya diri, dan disiplin, (3) Kelompok yang lain memperhatikan dan menanggapi dengan disiplin, rasa menghargai, dan kritis; (c) Penutup meliputi: (1) Bersama-sama menyimpul-kan pembelajaran dengan disiplin, (2) guru melaksanakan evaluasi, (3) Doa dan salam penutup.

Kata Kunci : hubungan antarunsur, nilai moral, skenario pembelajaran di kelas XI SMA


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.