NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM NOVEL MERINTIHLAH DALAM TAHAJJUDMU KARYA HAIDAR HIBSY IFALA DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA

Dwi Yuli Andriani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) unsur intrinsik; (2) nilai pendidikan akhlak; dan (3) skenario pembelajaran unsur intrinsik dan nilai pendidikan akhlak dalam novel Merintihlah dalam Tahajjudmu karya Haidar Hibsy Ifala di kelas XI SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripstif kualitatif. Dari hasil penelitian, disimpulkan bahwa (1) unsur intrinsik meliputi tema; tokoh dan penokohan; alur; latar; sudut pandang; amanat; (2) nilai pendidikan akhlak meliputi akhlak pada Allah, yaitu akhlak baik (beribadah, tawakal, dan zikir) dan akhlak buruk (lalai pada kewajiban); akhlak pada diri sendiri, yaitu akhlak baik (sabar, syukur, pemaaf, istikamah, dan amanah) dan akhlak buruk (sombong, egois); akhlak pada keluarga, yaitu akhlak baik (birrul walidain, silaturahmi) dan akhlak buruk (uququl walidain, tidak menjalin silaturahmi); akhlak pada sesama, yaitu tolong-menolong; dan akhlak pada masyarakat, yaitu menyambut tamu; (3) skenario pembelajaran unsur intrinsik dan nilai pendidikan akhlak menggunakan pendekatan CTL peserta didik melakukan kegiatan sebagai berikut; membuat sinopsis secara berkelompok, menganalisis dan mendiskusikan mengenai unsur intrinsik dan nilai pendidikan akhlak dalam karya sastra; mempresentasikan hasil diskusi; mengadakan evaluasi, baik secara lisan maupun tertulis dan merefleksi kembali hasil pembelajaran dengan tanya jawab.

 

Kata kunci: Unsur Intrinsik, Nilai Pendidikan Akhlak, Skenario Pembelajaran.


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.