TINJAUAN SOSIOLOGI SASTRA TOKOH UTAMA NOVEL HANIF: ZIKIR DAN PIKIR KARYA REZA NUFA DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI KELAS XII SMA
Abstract
: Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik novel, (2) aspek-aspek sosiologi sastra tokoh utama novel Hanif: Zikir dan Pikir Karya Reza Nufa, (3) hubungan antaraspek sosiologi sastra tokoh utama, (4) rencana pelaksanaan pembelajaran di kelas XII SMA. Sumber penelitian adalah novel Hanif: Zikir dan Pikir karya Reza Nufa. Objek penelitian adalah sosiologi novel. Fokus penelitian pada aspek-aspek sosiologi sastra novel. Teknik pengumpulan data penulis menggunakan teknik pustaka. Teknik analisis data penulis memilih teknik analisis isi. Teknik penyajian data penulis menggunakan teknik informal. Instrumen penelitian adalah peneliti dengan dibantu kartu pencatat data dan alat tulis. Teknik penyajian data digunakan teknik informal. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa (1) unsur intrinsik novel Hanif: Zikir dan Pikir karya Reza Nufa terdiri dari: (a) tema keputusasaan yang dialami seorang pemuda karena mengalami masalah dengan keluarganya kemudian memutuskan untuk pergi menenangkan diri, (b) alur campuran, (c) tokoh dan penokohan dibagi atas tokoh utama, yaitu: Hanif dan Idam dan tokoh tambahan, antara lain: Disti, Dinda, Bapak, Ibu, Emak, Pak Alimin, sahabat Hanif, Ustadz, Anggota LDK, Preman, Mang Uci, dan Pak Yanto, (d) latar terdiri dari: latar tempat meliputi: kampus, perpustakaan, kelas, kamar, masjid, kantin, rumah, perumahan elit Serpong, Rangkasbitung, pesantren, kota Surabaya, rumah pak Yanto, dan Rumah Sakit; latar waktu antara lain: malam hari, sore, bulan Ramadan, sepulang tarawih, Idul Fitri, dan akhir bulan; latar suasana yang digunakan saat hujan turun, ketenangan, kesedihan, kesepian, lapar dan gembira, dan terhibur dan ceria, (e) sudut pandang orang pertama, (f) gaya bahasa terdiri dari: pemajasan personifikasi dan simile, bahasa yang digunakan bahasa asing dan bahasa daerah; (2) aspek sosiologi sastra antara lain: aspek kekerabatan, perekonomian, pendidikan, kepercayaan, cinta kasih, dan moralitas; (3) hubungan antaraspek sosiologi sastra tokoh utama meliputi: (a) aspek kepercayaan dengan cinta kasih, (b) hubungan aspek pendidikan dengan kepercayaan, (c) hubungan aspek perekonomian dengan moralitas; (4) rencana pembelajaran dilakukan dengan menggunakan acuan kurikulum 2013, KD 3.1 memahami struktur dan kaidah teks novel baik melalui lisan maupun tulisan berpasangan dengan 4.1 menginterpretasi makna teks novel baik secara lisan maupun tulisan. Metode pembelajaran diskusi dengan model Think, Talk, and Write (TTW). Penilaian yang digunakan dengan metode tes lisan dan tertulis.
Kata kunci: sosiologi sastra novel, Rencana Pelaksanaan Pembelajaran.
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.