NILAI RELIGIUS NOVEL BADAI MATAHARI ANDALUSIA KARYA HARY EL PARSIA DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA

Anggoro Dwi Jayanti

Abstract


“Nilai Religius pada Novel Badai Matahari Andalusia Karya Hary El Parsia dan Skenario Pembelajarannya di Kelas XI SMA”. Program Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: unsur intrinsik, nilai religius, dan  skenario pembelajaran novel Badai Matahari Andalusia Karya Hary El Parsia. Objek penelitian ini adalah teks novel Badai Matahari Andalusia Karya Hary El Parsia, nilai religius, dan skenario pembelajarannya di kelas XI SMA. Penelitian ini difokuskan nilai religius dalam novel Badai Matahari Andalusia karya Hary El Parsia pada hubungan manusia dengan manusia, hubungan manusia dengan Tuhan-Nya, dan hubungan manusia dengan alam sekitar pada novel Badai Matahari Andalusia Karya Hary El Parsia dan skenario pembelajarannya di kelas XI SMA. Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan metode observasi. Teknik yang digunakan untuk menganalisis data dalam novel Badai Matahari Andalusia Karya Hary El Parsia adalah teknik analisis isi. Teknik yang digunakan penulis untuk menyajikan hasil analisis adalah teknik informal. Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa unsur intrinsik dalam novel Badai Matahari Andalusia Karya Hary El Parsia mencakup empat aspek yaitu: (a) tema, (b) tokoh dan penokohan, (c) alur, dan (d) latar, nilai religius dalam novelBadai Matahari Andalusia Karya Hary El Parsia mencakup tiga aspek yaitu: (a) hubungan manusia dengan Tuhan-Nya meliputi menutup aurat, membaca Al-Qur’an, melaksanakan shalat, bersyukur, dan sabar, (b) hubungan manusia dengan manusia meliputi tolong menolong dan memberi salam, (c) hubungan manusia dengan alam sekitar meliputi mengagumi keindahan dan keagungan ciptaan Tuhan. Skenario pembelajaran nilai religius pada novel Badai Matahari Andalusia Karya Hary El Parsia terdiri atas enam langkah yaitu (a) kegiatan awal, (b) kegiatan inti, (c) eksplorasi, (d) elaborasi, (e) konfirmasi, (f) kegiatan akhir.Pembelajaran sastra atau novel berkaitan dengan strategi mengajar dan strategi belajar. Keterampilan bersastra Indonesia dalam Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) yang berkaitan dengan kompetensi dasar yaitu: 7.2 menganalisis unsur-unsur intrinsik dan ekstrinsik novel Indonesia/ terjemahan.

 

Kata kunci : nilai religius novel, skenario pembelajaran


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.