NILAI PENDIDIKAN AKHLAK DALAM FILM CINTA SUCI ZAHRANA SUTRADARA CHAERUL UMAM DAN SKENARIO PEMBELAJARAN DI KELAS XI SMA

Rochimah . .

Abstract


Penelitian ini bertujuan: (1) mendeskripsikan nilai Pendidikan Akhlak dalam Film Cinta Suci Zahrana,(2) mendeskripsikan keterkaitan film Cinta Suci Zahrana Sutradara Chaerul Umam dalam skenario pembelajaran di Kelas XI SMA.Objek penelitian ini adalah film Cinta Suci Zahrana Sutradara Chaerul Umam. Penelitian ini difokuskan pada nilai pendidikan akhlak pada film Cinta  Suci  Zahrana Sutradara Chaerul Umam yang terdiri atas  tokoh akhlak terhadap Allah Swt., akhlak pribadi, akhlak dalam keluarga, akhlak dalam masyarakat dan pembelajarannya di kelas XI SMA. Sumber data berupa film Cinta Suci Zahrana Sutradara Chaerul Umam yang dirilis tahun 2012, berdurasi sekitar 100 menit. Instrumen penelitian yang digunakan adalah dengan kartu pencatat data. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik simak. Teknik analisis data dalam penelitian ini adalah dengan analisis isi (content analysis). Penelitian yang peneliti lakukan adalah dengan penelitian kualitatif. Teknik yang digunakan penulis untuk menyajikan hasil adalah teknik penyajian informal.Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa (1) Nilai pendidikan akhlak film Cinta Suci Zahrana Sutradara Chaerul Umam, terdiri dari (a) nilai akhlak terhadap Allah Swt:  taqwa, taat beribadah, ikhlas, berdoa, bersyukur, dan tawakal; (b) nilai akhlak pribadi: teguh dalam pendirian (istiqomah), memelihara kehormatan (iffah), dan sabar; (c) nilai akhlak dalam keluarga: membantu orang tua, peduli kepada bapaknya, dan berbakti kepada orang tua; (d) nilai akhlak bermasyarakat: menerima tamu dengan baik, ramah, menjawab salam, dan peduli terhadap sesama;(2) Skenario pembelajaran film Cinta Suci Zahrana Sutradara Chaerul Umam di SMA sesuai dengan Standar Kompetensi 5 yaitu mendengarkan, memahami pementasan drama dan Kompetensi Dasar mengidentifikasi peristiwa, pelaku, perwatakan, dialog dan konflik dalam pementasan drama. Metode yang digunakan yaitu dengan metode ceramah, diskusi, tanya jawab, dan pemberian tugas. Evaluasi yang digunakan dalam pembelajaran film Cinta Suci Zahrana secara tertulis dengan menggunakan tes esai.

 

Kata Kunci:  nilai pendidikan akhlak film, Pembelajaran Sastra di SMA.


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.