ANALISIS DEIKSIS DALAM TAJUK RENCANA KORAN REPUBLIKA EDISI JANUARI TAHUN 2015, RELEVANSINYA DENGAN PEMBELAJARAN MENULIS TEKS LAPORAN, DAN PEMBELAJARANNYA DI KELAS X SMAN 4 PURWOREJO
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) bentuk-bentuk deiksis yang terdapat dalam tajuk rencana koran Republika edisi Januari 2015; (2) relevansi antara deiksis pada tajuk rencana koran Republika dengan pembelajaran menulis teks laporan; dan (3) pembelajaran menulis teks laporan dengan materi deiksis pada tajuk rencana koran Republika di kelas X SMA N 4 Purworejo. Sumber data yang digunakan, yaitu dua puluh lima tajuk rencana koran Republika edisi Januari 2015. Metode pengumpulan data menggunakan metode observasi. Teknik analisis data menggunakan metode teknik ganti. Teknik penyajian hasil analisis adalah teknik penyajian informal. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) bentuk-bentuk deiksis yang terdapat dalam koran Republika edisi Januari 2015, antara lain (a) bentuk-bentuk deiksis persona; (b) bentuk-bentuk deiksis tempat; (c) bentuk-bentuk deiksis waktu; (d) bentuk-bentuk deiksis anafora; dan (e) bentuk-bentuk deiksis katafora; (2) relevansi deiksis dengan pembelajaran menulis teks laporan di kelas X SMA meliputi (a) di dalam silabus pada KD 3.3 dam KD 4.3; (b) deiksis dapat memberikan makna, isi, atau pesan yang terkandung di dalam teks; dan (3) pembelajaran Menulis Teks Laporan dengan Materi Deiksis pada Tajuk Rencana Koran Republika di Kelas X SMA N 4 Purworejo dilakukan sesuai dengan kurikulum 2013 yang berbasis teks sehingga pendidik mengadakan evaluasi kemampuan peserta didik yang hasil nilai rata-ratanya 82,9, nilai terendah 53, dan nilai tertinggi 93 dan evaluasi pengetahuan peserta didik yang hasil nilai rata-ratanya 72,2, nilai terendah 70, dan nilai tertinggi 85.
Kata kunci: Analisis Deiksis pada Tajuk Rencana
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.