NILAI PENDIDIKAN AKHLAK NOVEL AIR MATA TUHAN KARYA AGUK IRAWAN M. N. DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) unsur intrinsik; (2) nilai pendidikan akhlak; dan (3) skenario pembelajaran unsur intrinsik dan nilai pendidikan akhlak dalam novel Air Mata Tuhan karya Aguk Irawan M. N. di kelas XI SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskripstif kualitatif. Dari hasil penelitian, disimpulkan bahwa (1) unsur intrinsik meliputi tema; tokoh dan penokohan; alur; latar; sudut pandang; amanat; (2) nilai pendidikan akhlak meliputi akhlak pada Allah, yaitu takwa, cinta dan rida, ikhlas, khauf dan raja’ tawakal, syukur, dan tobat; akhlak pada keluarga, yaitu birrul walidain; hak, kewajiban dan kasih sayang suami istri, kasih sayang dan tanggung jawab orang tua terhadap anak, dan silaturahmi dengan karib kerabat; dan akhlak pada diri sendiri, yaitu akhlak baik (sidik, amanah, istikamah, ifah, syaja’ah, tawaduk, sabar, dan pemaaf) dan akhlak buruk (bohong, sombong, tidak mempunyai rasa malu, dan jaza’u); (3) skenario pembelajaran unsur intrinsik dan nilai pendidikan akhlak meliputi menyampaikan materi unsur intrinsik dan nilai pendidikan akhlak yang terdapat dalam karya sastra; menugaskan peserta didik untuk mendiskusikan unsur intrinsik dan nilai pendidikan akhlak dalam novel Air Mata Tuhan; mempresentasikan hasil diskusi unsur intrinsik dan nilai pendidikan akhlak dalam novel Air Mata Tuhan; dan merefleksi kembali hasil pembelajaran dengan tanya jawab.
Kata kunci: Unsur Intrinsik, Pendidikan Akhlak, Skenario Pembelajaran.
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.