NILAI RELIGIUS NOVEL KERLING SI JANDA KARYA TAUFIQURRAHMAN AL-AZIZY DAN SKENARIO PEMBELAJARAN DI KELAS XI SMA

Diah Retnosari

Abstract


“Nilai Religius pada Novel Kerling si Janda Karya Taufiqurrahman Al-azizy dan Skenario Pembelajarannya di Kelas XI SMA”. Skripsi. Pendidikan   Bahasa dan Sastra Indonesia. Universitas Muhammadiyah Purworejo. 2015. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) unsur  intrinsik novel Kerling si Janda karya Taufiqurrahman Al-azizy; (2) nilai religius dalam novel Kerling si Janda karya Taufiqurrahman Al-azizy; (3) skenario pembelajaran novel Kerling si Janda karya Taufiqurrahman Al-azizy. Objek penelitian ini adalah nilai religius dalam novel Kerling si Janda karya Taufiqurrahman Al-azizy. Fokus penelitian ini adalah kutipan-kutipan yang mengandung nilai-nilai religius. Sumber data dalam penelitian ini adalah keseluruhan teks novel Kerling si Janda karya Taufiqurrahman Al-zizy. Instrumen penelitian ini adalah kartu pencatat. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan teknik pustaka, observasi, dan catat. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis isi. Dalam penyajian hasil analisis yang digunakan metode informal.  Untuk menganalisis penelitian ini disimpulkan (1) unsur intrinsik dalam novel Kerling si Janda sebagai berikut: (a) tema:  perjuangan seorang ayah bagi anak-anaknya, (b) tokoh utama:  Hardiman, tokoh tambahan: Kas, Munah, Tugiyo, Gimin, Ginah, Mbok Pah, Pak Haji, Muniri (c) alur:  alur maju mundur (d) latar dalam novel ini terdiri dari latar tempat: Salatiga, Tempel, Hotel Melati, Kantor Polsek Karanggede, dan Terminal Karanggede. Latar waktu: pagi, sore, dan malam hari, sedangkan latar sosial ditunjukkan oleh kesederhanaan hidup, (e) sudut pandang: sudut pandang persona ketiga “dia” dan sudut pandang persona pertama “Aku”, (2) nilai religius yang ditemukan (a) hubungan manusia dengan Tuhannya: nilai aqidah seperti shalat wajib, shalat sunnah, berdoa, bersabar, dan bersyukur; (b) hubungan manusia dengan manusia: saling tolong menolong, kasih sayang, jujur, dan rela berkorban; (c) hubungan manusia dengan alam sekitarnya yaitu mengagumi keindahan dan keagungan ciptaan Tuhan; (3) skenario pembelajaran yang dilaksanakann dengan teknik grup investigation. Skenario pembelajarannya meliputi: (a) tahap awal, guru dan siswa datang tepat waktu dan berdoa (b) tahap inti, meliputi tahap eksplorasi, tahap elaborasi, dan tahap konfirmasi (c) penutup, guru dan siswa membuat simpulan/ rangkuman dari materi yang telah dipelajari dan sebagai evaluasi, siswa diberikan tugas mengerjakan lembar soal yang telah disiapkan oleh guru.

 

Kata kunci: nilai religius novel, skenario pembelajaran




Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.