NILAI-NILAI PENDIDIKAN KARAKTER PADA ANTOLOGI PUISI MATA KETIGA CINTA KARYA HELVY TIANA ROSA DAN PEMBELAJARAN SASTRA DI SMA

Aji Priyo Utomo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) nilai-nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam Antologi Puisi Mata Ketiga Cinta; (2) hubungan nilai-nilai pendidikan karakter dalam Antologi Puisi Mata Ketiga Cinta; (3) pembelajaran sastra puisi dalam Antologi Mata Ketiga Cinta di SMA. Objek penelitian adalah nilai pendidikan karakter dalam Antologi Mata Ketiga Cinta karya Helvy Tiana Rosa dan pembelajaran Sastra di SMA, dengan fokus penelitian pada wujud nilai-nilai pendidikan karakter meliputi; sikap dan perilaku dalam hubungannya dengan Tuhan, diri sendiri, keluarga, alam sekitar, masyarakat dan bangsa serta pembelajaran sastra di SMA. Pengumpulan data dilakukan dilakukan dengan metode observasi dengan membaca secara kritis dan teliti Antologi Mata Ketiga Cinta karya Helvy Tiana Rosa. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa (1) nilai pendidikan karakter berdasarkan jangkauan sikap dan perilaku dalam hubungannya dengan Tuhan sebanyak 3 puisi, (2) nilai pendidikan karakter berdasarkan jangkauan sikap dan perilaku dalam hubungannya dengan diri sendiri sebanyak 4 puisi, (3) nilai pendidikan karakter berdasarkan jangkauan sikap dan perilaku dalam hubungannya dengan keluarga sebanyak 4 puisi, (4) nilai pendidikan karakter berdasarkan jangkauan sikap dan perilaku dalam hubungannya dengan masyarakat dan bangsa sebanyak 6 puisi, (5) nilai pendidikan karakter berdasarkan jangkauan sikap dan perilaku dalam hubungannya dengan alam sekitar sebanyak 3 puisi. Nilai pendidikan karakter tersebut mencakup; sikap beriman, bertakwa, pengabdian, dan berfikir jauh kedepan, berkemauan keras, hati kukuh, berfikir secara konstruktrif, kasih sayang, sabar, setia, tegar, berkemauan keras, rela berkorban, hormat, dan berani memikul resiko (the risk taker). Pembelajaran Sastra Puisi dalam Antologi Mata Ketiga Cinta Karya Helvy Tiana Rosa di SMA? diketahui bahwa Antologi puisi tersebut sesuai dan dapat digunakan sebagai sarana mencapai tujuan dan bahan pembelajaran sastra di SMA, serta dapat digunakan sebagai alternatif bahan pembelajaran sastra dan memperkaya pengetahuan dan wawasan siswa tentang nilai-nilai pendidikan yang dapat direalisasikan dalam kehidupannya.

 

Kata kunci: Nilai-nilai Pendidikan Karakter, Pembelajaran Sastra di SMA


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.