MENGGUNAKAN MEDIA GAMBAR BERSERI PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 1 KROYA TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan (1) penerapan pembelajaran menggunaan media gambar berseri dalam upaya meningkatkan keterampilan menulis eksposisi analisis proses, (2) perubahan perilaku siswa pada saat pembelajaran keterampilan menulis eksposisi analisis proses menggunakan media gambar berseri, (3) peningkatan keterampilan menulis eksposisi analisis proses setelah menggunakan media gambar berseri. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X3 SMA Negeri 1 Kroya Tahun Ajaran 2013/2014 sebanyak 35 siswa. Penelitian ini terdiri dari dua siklus. Pada tiap siklus melalui tahap perencanaan, pelaksanaan, pengamatan, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik tes dan nontes. Tenik tes berupa tes menulis eksposisi analisis proses, sedangkan teknik nontes berupa lembar observasi, lembar jurnal siswa, lembar jurnal guru dan dokumentasi poto. Dalam analisis data digunakan teknik deskriptif kualitatif dan kuantitatif. Dalam penelitian ini, teknik penyajian analisis data yang digunakan adalah teknik informal. Pada lembar observasi prasiklus siswa yang tidak memperhatikan penjelasan dan melakukan kegiatan yang tidak perlu ada 31,42%, lalu pada siklus I berkurang menjadi 20,00%, sedangkan pada siklus II menjadi 5,71%. Jadi, penurunan perilaku siswa dari prasiklus sampai siklus II adalah 25,71%. Peningkatan keterampilan menulis eksposisi pada siswa kelas X SMA Negeri 1 Kroya dapat diketahui dari nilai rata-rata pada prasiklus, siklus I, dan siklus II. Pada prasiklus nilai rata-rata siswa atau sebelum menggunakan gambar berseri sebagai media pemmbelajaran menulis eksposisis analisis proses adalah 73,83. Pada siklus I atau sesudah menggunakan gambar berseri sebagai media pemmbelajaran menulis eksposisis analisis proses, terjadi peningkatan 33,1 dari siklus sebelumnya menjadi 77,14 terhadap nilai rata-rata siswa. Pada siklus II terjadi peningkatan 44,0 dari siklus I menjadi 81,54 terhadap nilai rata-rata siswa. Jadi, total peningkatan dari prasiklus sampai siklus II adalah 77,1.
Kata kunci: Keterampilan Menulis Eksposisi Analisis Proses, Media Gambar Berseri
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.