PENGGUNAAN MEDIA GAMBAR PEMANDANGAN DALAM PEMBELAJARAN MENULIS PUISI PADA SISWA KELAS VIII SMP N 9 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Binan Herlinda

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis puisi melalui media gambar pemandangan pada siswa kelas VIII SMP N 9 Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014; (2) pengaruh penggunaan media gambar pemandangan terhadap minat dan sikap siswa dalam menulis puisi; (3) peningkatan keterampilan menulis puisi melalui media gambar pada siswa kelas VIII. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas dengan dua siklus. Setiap siklus terdiri atas perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif dan teknik analisis data kualitatif, sedangkan dalam penyajian hasil analisis data digunakan metode informal yang dipaparkan dengan uraian atau kata-kata. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa 1) pembelajaran menulis puisi dengan media gambar dilakukan dengan langkah-langkah a) mengamati gambar, b) menentukan judul, c) pemilihan diksi yang tepat sesuai dengan gambar, d) mengembangkan diksi menjadi sebuah puisi; 2) Minat dan sikap siswa dalam pembelajaran menulis puisi dilihat dari hasil nontes prasiklus sampai siklus II. Hasil observasi prasiklus, 13 siswa atau 40%  yang berantusias mengikuti pembelajaran menulis. Pada siklus I peran aktif siswa sudah meningkat, 16 siswa atau 50% sudah mulai berantusias mengikuti pembelajaran. Sementara itu, siklus II 100% siswa sudah mulai berantusias mengikuti pembelajaran dengan baik; 3) Pembelajaran menulis puisi melalui media gambar pemandangan alam dapat meningkatkan kemampuan menulis puisi siswa. Peningkatan keterampilan menulis puisi siswa prasiklus (57,78), siklus I (63,24), dan siklus II (78,03). Prasiklus (57,78) ke siklus I (63,24) telah mengalami peningkatan sebesar 5,46, belum mencapai KKM. Pada siklus I (63,24) ke siklus  II (78,03) siswa telah mengalami peningkatan sebesar 14,79, sudah mencapai KKM. Secara keseluruhan peningkatan hasil nilai rata-rata siswa dari prasiklus sampai siklus II sebesar 20,25.

 

Kata kunci :pembelajaran, menulis, puisi, media gambar.


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.