PENINGKATAN KEMAMPUAN MEMBACA CEPAT DENGAN METODE SQ3R PADA SISWA KELAS VIIIB MTS AL-AZHAR KEBUMEN TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penerapan metode SQ3R dalam meningkatkan kualitas proses pembelajaran membaca cepat pada siswa kelas VIIIB MTs Al-Ahar Kebumen, (2) penerapan metode SQ3R dalam meningkatkan membaca cepat pada siswa kelas VIIIB MTs Al-Azhar Kebumen. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas VIIIB MTs Al-Azhar Kebumen tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 26 siswa. Objek penelitian ini adalah keterampilan membaca cepat. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa (1) penerapan metode SQ3R dapat meningkatkan proses pembelajaran membaca cepat. Hal ini terbukti dengan meningkatnya persentase kecepatan membaca hanya memiliki kecepatan 157,24kpm (sedang) dan pada siklus I meningkat menjadi 169,52kpm (sedang). Setelah dilakukan perbaikan terhadap kendala-kendala, kecepatan membaca pada siklus II meningkat menjadi 215,6kpm (cepat). Dari segi pemahaman, nilai presentase pemahaman siswa terus mengalami peningkatan dari 58,4 (cukup), Meningkat 7% menjadi 65,4 (cukup), dan meningkat lagi menjadi 81,8 (baik), (2) penerapan metode SQ3R dapat meningkatkan keterampilan siswa dalam membaca cepat. Ditandai dengan adanya peningkatan hasil (nilai) pembelajaran membaca cepat siswa, pada prasiklus rata-rata nilai siswa 56, pada siklus I rata-rata nilai akhir siswa meningkat menjadi 59,9, setelah di lakukan perbaikan terhadap kendala-kendala, rata-rata nilai akkhir siswa meningkat 17,8, menjadi 77,7 dan sudah masuk dalam ketuntasan nilai. Peningkatan pengaruh positif juga terjadi terhadap perubahan perilaku siswa, baik dari sikap dalam membaca cepat, maupun sikap yang berhubungan dengan minat dan respon siswa terhadap pembelajaran membaca cepat.
Kata kunci : Kemampuan, membaca cepat, Metode SQ3R
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.