PENINGKATANKEMAMPUAN MEMBACAKAN PUISI DENGAN METODE DEMONSTRASI PADA SISWA KELAS X SMA MUHAMMADIYAH KEBUMENTAHUN PELAJARAN 2013/2014

Ariya Fitriyaningsih

Abstract


ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) penerapanmetodedemonstrasipadapembelajaranmembacakanpuisidan (2) peningkatankemampuanmembacakanpuisisiswakelas X SMA MuhammadiyahKebumentahunajaran 2013/2014.Penelitian ini menggunakan desain penelitian tindakan kelas yang terdiri dari dua siklus. Tiap siklus melalui tahap perencanaan, tindakan, pengamatan, dan refleksi. Populasi penelitian ini adalah siswa SMA Muhammadiyah Kebumen yang berjumlah 150 orang dan sampel berjumlah 31 orang, yakni seluruh siswa kelas Xb SMA Muhammadiyah Kebumen tahun ajaran 2013/2014. Pengumpulan data dilakukan dengan tes, observasi, dan wawancara. Analisis data menggunakan teknik kualitatif dan kuantitatif. Adapun teknik penyajian menggunakan teknik informal.Hasil penelitian ini: (1) penerapanmetodepembelajarandemonstrasidilakukandenganlangkah: pendahuluan (apersepsidanmotivasi), inti (penjelasanmateri, demonstrasipembacaanpuisimelalui audiovisual ataudemonstrasilangsungolehahli, diskusikelompok, tugaspenjedaanpuisi, praktikmembacakanpuisi), akhir (simpulandanrefleksi); (2) peningkatankemampuanmembacakan puisi siswa dapatdilihatdariperbandingannilaimembacakanpuisisiswapadaprasiklus, siklus I, dansiklus II. Padaprasiklus, siswa yang telahmencapaiketuntasanbelajarsebesar 13% atausebanyak 4 siswa, padasiklus I meningkatmenjadi 45% atausebanyak 14 siswa, danpadasiklus II sebanyak 94% atausebanyak 29 siswa. Dari reratakelas, terjadipeningkatannilaipadasiklus I sebesar 12,71, yaknidarirerata 58,06 (kategorikurang) padaprasiklusmenjadi 70,77 (kategoricukup) padasiklus I. Padasiklus II, reratakelasmeningkatlagisebesar 8,67, yaknimenjadirerata 79,44 (kategoribaik).

 

Kata kunci: menulisdeskripsi, metodefield trip


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.