PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI DENGAN METODE PEMBELAJARAN DI LUAR RUANG KELAS (OUTDOOR STUDY) PADA SISWA KELAS XI AKUNTANSI SMK MUHAMMADIYAH 2 WONOSOBO TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Retno Sofyana

Abstract


Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan: (1) pelaksanaan pembelajaran menulis paragraf deskripsi dengan metode pembelajaran di luar ruang kelas (outdoor study); (2) pengaruh penggunaan metode pembelajaran di luar ruang kelas (outdoor study) terhadap minat dan sikap siswa dalam menulis paragraf deskripsi; (3) peningkatan keterampilan siswa dalam menulis paragraf deskripsi dengan metode pembelajaran di luar ruang kelas (outdoor study) pada siswa kelas XI Akuntansi SMK  Muhammadiyah 2 Wonosobo tahun pembelajaran 2013/2014). Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI Akuntansi SMK Muhammadiyah 2 Wonosobo. Fokus penelitian ini adalah pembelajaran minat sikap siswa dan peningkatan keterampilan menulis paragraf deskripsi dengan metode pembelajaran di luar ruang kelas (outdoor study). Dalam pengumpulan data  digunakan teknik tes dan nontes. Teknik nontes berupa pengamatan, angket, wawancara, dan dokumentasi foto.Teknik validitas data menggunakan teknik triangulasi. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif dan kuantitatif. Penyajian data dilakukan dengan teknik informal. Peningkatan dari aspek motifasi belajar prasiklus 36% meningkat pada siklus I 56% dan siklus II 88%, aspek perhatian prasiklus 44% meningkat pada siklus I 64% dan siklus II 80%, aspek  keaktifan  prasiklus 67% meningkat pada siklus I 80% dan pada siklus II 90%. Pembelajaran menulis paragraf deskripsi dengan metode pembelajaran di luar ruang kelas (outdoor study) dapat meningkatkan kemampuan menulis paragraf deskripsi siswa kelas XI Akuntansi SMK Muhammmadiyah 2 Wonosobo. Skor rata-rata  prasiklus 66,2 meningkat pada  siklus I 72,44, dan pada siklus II rata-rata meningkat 76,68.

Kata kunci. Paragraf Deskripsi, Metode Outdoor Study.


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.