NILAI AKHLAKUL KARIMAH DALAM NOVEL DZIKIR JANTUNG FATIMAH KARYA NANING PRANOTO DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS XII SMA

Ratih Fitriana

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk (1) mendeskripsikan unsur intrinsik yang berupa tema, tokoh dan penokohan, alur, latar, sudut pandang, dan amanat yang terdapat dalam novel Dzikir Jantung Fatimah karya Naning Pranoto, (2) mendeskripsikan nilai akhlakul karimah yang terdapat dalam novel Dzikir Jantung Fatimah karya Naning Pranoto, (3) menjelaskan skenario pembelajaran unsur intrinsik dan nilai akhlakul karimah pada novel Dzikir Jantung Fatimah karya Naning Pranoto di kelas XII SMA. Metode yang digunakan oleh penulis dalam mengumpulkan data adalah metode observasi. Kemudian, teknik yang digunakan oleh penulis untuk menganalisis data dalam novel Dzikir Jantung Fatimah karya Naning Pranoto adalah teknik analisis isi. Selanjutnya, teknik yang digunakan oleh penulis untuk menyajikan hasil penelitian ini adalah teknik informal. Dari penelitian ini disimpulkan bahwa (1) struktur novel Dzikir Jantung Fatimah karya Naning Pranoto yang terdiri dari tema, tokoh dan penokohan, alur, latar, sudut pandang, dan amanat secara padu membangun cerita yang mempunyai nilai estetis dan nilai akhlakul karimah, (2) nilai akhlakul karimah novel Dzikir Jantung Fatimah karya Naning Pranoto, yaitu (a) nilai akhlak terhadap Allah Swt., (b) nilai akhlak pribadi, (c) nilai akhlak terhadap keluarga, (3) skenario pembelajaran mengembangkan sikap apresiatif dalam menghayati karya sastra berupa nilai akhlakul karimah pada novel Dzikir Jantung Fatimah karya Naning Pranoto di kelas XII SMA, yaitu (a) menjelaskan unsur intrinsik dan nilai akhlakul karimah, (b) menugasi peserta didik untuk membaca novel Dzikir Jantung Fatimah karya Naning Pranoto, (c) menugasi peserta didik untuk menganalisis unsur intrinsik dan nilai akhlakul karimah dalam novel secara berkelompok, (d) menugasi peserta didik untuk mengaitkan nilai akhlakul karimah dengan kehidupan sehari-hari dan menjelaskan keindahan alur yang terdapat pada novel, (e) memberikan kesempatan kepada perwakilan tiap kelompok untuk mempresentasikan hasil diskusi dan kelompok lain memberikan tanggapan terhadap hasil diskusi yang telah di-presentasikan, (f) memberikan penguatan terhadap hasil kerja peserta didik, (g) mem-buat simpulan mengenai pembelajaran yang telah dilakukan.

 

Kata Kunci: nilai akhlakul karimah, skenario pembelajaran


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.