NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL SUJUD NISA DI KAKI TAHAJJUD SUBUH KARYA KARTINI NAINGGOLAN DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA

Felly Mandasari

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik yang terdapat dalam novel Sujud Nisa di Kaki Tahajjud Subuh karya Kartini Nainggolan, (2) wujud nilai pendidikan karakter yang terdapat dalam novel Sujud Nisa di Kaki Tahajjud Subuh karya Kartini Nainggolan, dan (3) skenario pembelajaran unsur intrinsik dan nilai pendidikan karakter novel Sujud Nisa di Kaki Tahajjud Subuh karya Kartini Nainggolan di kelas XI SMA. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Artinya, penulis membahas dan mengkaji novel tidak menggunakan angka, tetapi menekankan pada deskripsi. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) unsur intrinsik dalam Sujud Nisa di Kaki Tahajjud Subuh karya Kartini Nainggolan terjalin menyatu dengan nilai pendidikan karakter yang terdapat di dalamnya. (2) nilai pendidikan karakter novel Sujud Nisa di Kaki Tahajjud Subuh mencakup empat aspek, yaitu: (i) hubungan manusia dengan diri sendiri, (ii) hubungan manusia dengan Tuhan, (iii) hubungan manusia dengan manusia, (iv) hubungan manusia dengan lingkuan alam sekitar. (3) skenario pembelajaran novel Sujud Nisa di Kaki Tahajjud Subuh karya Kartini Nainggolan dalam pembelajaran sastra di kelas XI SMA menggunakan model pembelajaran group investigation. Dalam model pembelajaran group investigation langkah-langkahnya, yaitu: (a) guru menyampaikan materi, (b) siswa membentuk kelompok, (c) guru menetapkan materi untuk dibahas masing-masing kelompok, (d) setiap kelompok saling tukar informasi dan ide, (e) pekerjaan setiap kelompok dikumpulkan dalam bentuk laporan, (f) salah satu kelompok menyajikan hasi laporan di depan kelas, kelompok lain mengamati, (g) setelah semua kelompok menyajikan hasil laporan, guru bersama-sama dengan siswa melakukan koreksi dan evaluasi.

 

Kata kunci: nilai pendidikan karakter, novel Sujud Nisa di Kaki Tahajjud Subuh, skenario pembelajaran di kelas XI SMA


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.