PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS KARANGAN NARASI EKSPOSITORIS DENGAN METODE KUANTUM MELALUI MEDIA TEKS WAWANCARA PADA SISWA KELAS XI SMK NEGERI 3 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Abstract
Penelitian ini dilakukan dengan tujuan untuk: (1) penerapan pembelajaran menulis karangan narasi ekspositoris dengan metode kuantum berdasarkan media teks wawancara pada siswa kelas XI SMK Negeri 3 Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014; (2) pengaruh pembelajaran menulis karangan narasi ekspositoris dengan metode kuantum berdasarkan media teks wawancara terhadap sikap dan minat siswa kelas XI SMK Negeri 3 Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014; (3) peningkatan keterampilan menulis karangan narasi ekspositoris siswa kelas XI SMK Negeri 3 Purworejo Tahun Pelajaran 2013/2014 setelah memperoleh pembelajaran menulis karangan narasi ekspositoris dengan metode kuantum melalui media teks wawancara. Pengumpulan data dilakukan melalui teknik tes dan nontes. Dalam Teknik analisis data, peneliti menggunakan teknik kualitatif dan teknik kuantitatif. Teknik penyajian data yang digunakan adalah analisis informal. Dari hasil penelitian ini disimpulkan : (1) penerapan pembelajaran pada tahap prasiklus menggunakan metode konvensional, sedangkan pada tahap siklus I dan Siklus II menerapan metode kuantum melalui media teks wawancara menggunakan teknik ‘tandur’ yaitu tumbuhkan, alami, namai, demontrasikan, ulangi, dan rayakan; (2) sikap dan minat siswa kelas XI SMK Negeri 3 Purworejo mengalami peningkatan pada setiap siklusnya. Aspek keantusiasan tahap prasiklus 29,03%, siklus I sebesar 54,83%, dan siklus II sebesar 83,87%, aspek perhatian tahap prasiklus 38,70%, siklus I sebesar 61,29%, dan siklus II sebesar 90,32%, aspek keseriusan siswa tahap prasiklus 45,16%, siklus I sebesar 67,74%, dan siklus II sebesar 90,32%, aspek keaktifan siswa tahap prasiklus 19,35%, siklus I sebesar 77,41%, dan siklus II sebesar 93,54%, aspek respon siswa prasiklus 9,67%, siklus I sebesar 54,83%, dan siklus II sebesar 87,09%; (3) nilai rata-rata tes menulis narasi ekspositoris melalui media teks wawancara prasiklus sebesar 68,77 dengan ketuntasan sebesar 16,12%. Pada siklus I, nilai rata-rata mencapai 79,90 dengan ketuntasan sebesar 100% agar memperoleh hasil yang lebih maksimal lagi maka dilanjutkan siklus II. Pada siklus II, nilai rata-rata tersebut mengalami peningkatan sebesar 5,04 dari siklus I, nilai rata-rata menjadi 83,93 dengan ketuntasan belajar 100%.
Kata kunci : menulis narasi ekspositoris, media, metode kuantum
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.