NILAI-NILAI PENDIDIKAN NOVEL GURU PARA PEMIMPI KARYA HADI SURYA DAN RENCANA PEMBELAJARANNYA DI SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan mendeskripsikan:(1) mendeskripsikan unsur intrinsik novel Guru Para PemimpikaryaHadi Surya, (2) mendeskripsikannilai-nilaipendidikan novel Guru Para PemimpikaryaHadii Suryadan (3) menjelasakanrencanapembelajarannilai-nilaipendidikan novel Guru Para Pemimpi karyaHadi Surya di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Sumber data yanag digunakan adalah novel Guru Para Pemimpi karya Hadi Surya. Instrumen yang digunakan untuk mengumpulkan data berupa catatan data. Tekhnik pengumpulan data menggunakan teknik studi pustaka. Hasil analisis menunjukkan (1) unsur intrinsik dalam novel Guru Para Pemimpi mencakup enam aspek, terdiri dari: (a) tema novel ini adalah pendidikan dan ekonomi, (b) tokoh utamanya adalah Hadi, tokoh tambahan adalah Fuad, Pak Haji, Pak Arif, Dr. Abdullah, Pak Kiai Bahrul, Joe, Kyai Mukhsin, Ibu Zaleha,dan Bu Retno, (c) alur yang digunakan adalah alur maju, (d) latar tempat pada novel ini yaitu: desa Ciseeng, dapur, masjid, base camp, villa, lapangan, serambi, kompleks perumahan, ruang kelas, sekolah cendekia. Latar waktu yang digambarkan yaitu pagi hari, siang hari, sore hari, dan malam hari. Latar sosial dalam novel ini adalah keadaan desa Ciseeng dan keadaan pendidikan bagi anak-anak desa Ciseeng, (e) sudut pandang yang digunakan adalah mengunakan orang pertama pelaku utama (aku), (f) amanat yang disampaikan yaitu keinginannya untuk mendirikan sekolah gratis untuk anak-anak yang kurang mampu dengan usaha yang keras pastilah akan membuahkan hasil, tanpa harus banyak mengumbar janji. (2) nilai-nilai pendidikan novel Guru Para Pemimpi mencakup empat aspek yaitu; (a) nilai pendidikan moral meliputi tekad kuat, pantang menyerah, kerja keras, jujur, kreatif, percaya diri (b) nilai pendidikan sosial meliputi tolong-menolong, kekeluargaan, setiakawan, kasih sayang, memberi semangat, dermawan dan musyawarah (c) nilai pendidikan agama meliputi beribadah, bersedekah, ikhlas, dan sabar, dan khitanan (d) nilai pendidikan budaya meliputi meminta berkat dan nasihat kepada sesepuh desa. (3) rencana pembelajaran novel Guru Para Pemimpi karya Hadi Surya di SMA dengan menggunakan model pembelajaran Contextual Teaching Learning. Langkah-langkah pembelajarannya: (a) guru melakukan konstruksi, (b) guru meelaksanakan inquiri (c) guru memberi kesempatan kepada siswa untuk bertanya, (d) guru menerapkan metode pembelajaran seperti berkelompok, tanya jawab dan berdiskusi, (e) guru memberikan contoh pembelajaran dengan pemodelan (f) melakukan refleksi, (g) melakukan penilaian.
Kata kunci: unsur intrinsik, nilai-nilai pendidikan, novel Guru Para Pemimpi karya Hadi Surya
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.