PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN METODE DISCOVERY-INQUIRY SISWA KELAS VII SMP NEGERI 1 PAGENTAN TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) pelaksanaan pembelajaran keterampilan menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pagentan tahun pelajaran 2013/2014 dengan menggunakan metode Discovery-Inquiry, 2) pengaruh metode Discovery-Inquiry terhadap pembelajaran menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pagentan tahun pelajaran 2013/2014, dan 3) peningkatan keterampilan menulis puisi siswa kelas VII SMP Negeri 1 Pagentan tahun pelajaran 2013/2014 dengan menggunakan metode Discovery-Inquiry. Dalam pengumpulan data digunakan teknik tes dan teknik nontes. Teknik tes digunakan untuk mengukur kemampuan menulis puisi, sedangkan teknik nontes yang berupa observasi, wawancara, dan kuesioner digunakan untuk menilai aktivitas belajar siswa. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif dan teknik kuantitatif. Dalam penyajian data digunakan teknik informal dan teknik formal. Minat dan sikap belajar siswa terhadap pembelajaran menulis puisi dengan metode Discovery-Inquiry menjadi lebih baik. Minat belajar siswa prasiklus sebesar 58,9% (baik), siklus I sebesar 73,52% (baik), dan siklus II sebesar 100% (baik sekali). Peningkatan kualitas hasil menulis puisi menggunakan metode Discovery-Inquiry dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata pada setiap siklusnya. Nilai rata-rata prasiklus adalah 52,61, Pada siklus I nilai rata-rata adalah 74,97 dan pada siklus II rata-rata siswa adalah 80,35.
Kata kunci: pembelajaran, keterampilan menulis puisi, Discovery-Inquiry
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.