PENINGKATAN KEMAMPUAN MENULIS NARASI DENGAN TEKNIK PEMBELAJARAN WORD FLOW PADA SISWA KELAS XI SMK MA’ARIF 9 KEBUMEN TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Muslimah Kurniawati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) penerapan teknik pembelajaran Word Flow dalam upaya meningkatkan kemampuan menulis narasi pada siswa kelas XI SMK Ma’arif 9 Kebumen tahun pembelajaran 2013/2014; (2) pengaruh teknik pembelajaran Word Flow terhadap aktivitas belajar siswa kelas XI SMK Ma’arif 9 Kebumen tahun pembelajaran 2013/2014 dalam menulis narasi; (3) peningkatan kemampuan menulis narasi siswa kelas XI SMK Ma’arif 9 Kebumen tahun pembelajaran 2013/2014 setelah memperoleh pembelajaran dengan menggunakan teknik Word Flow. Dalam pengumpulan data digunakan teknik tes dan teknik nontes. Teknik tes digunakan untuk mengukur kemampuan menulis narasi, sedangkan teknik nontes yang berupa observasi, wawancara, dan kuesioner digunakan untuk menilai aktivitas belajar siswa.Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik kualitatif dan teknik kuantitatif. Dalam penyajian data digunakan teknik informal dan teknik formal. Minat dan sikap belajar siswa terhadap pembelajaran menulis narasi dengan teknik pembelajaran Word Flow menjadi lebih baik. Minat belajar siswa prasiklus sebesar 6,25% (kurang), siklus I sebesar 53,12% (baik), dan siklus II sebesar 71,87% (baik sekali). Peningkatan kualitas hasil menulis paragraf narasi dengan teknik Word Flow dapat dilihat dari hasil nilai rata-rata pada setiap siklusnya. Nilai rata-rata prasiklus adalah 68. Pada siklus I nilai rata-rata siswa 73,1, dan pada siklus II nilai rata-rata siswa adalah 78,5.

Kata kunci : Menulis Narasi, Teknik Word Flow, Pembelajaran SMK


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.