PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PARAGRAF DESKRIPSI DENGAN MEDIA KARIKATUR PADA SISWA KELAS XI SMK TAMTAMA PREMBUN TAHUN PELAJARAN 2013/2014

Sri Astuti

Abstract


Penelitian ini dilakukan dengan tujuan mendeskripsikan(1) kualitas proses pembelajaran menulis paragraf deskripsi dengan menerapkan media karikatur pada siswa kelas XI SMK Tamtama Prembun Tahun Pelajaran 2013/2014, (2) kualitas hasil pembelajaran menulis paragraf deskripsi dengan menerapkan media karikatur. Teknik pengumpulan data digunakan teknik tes, observasi, wawancara, lembar angket, dokumentasi foto, analisis dokumen. Teknik analisis datadigunakan adalah teknik kuantitatif dan kualitatif. Dalam penyajian data dilakukan metode informal. Dari hasil penelitian dapat disimpulkan (1) kualitas proses dilaksanakan dari siklus I sampai dengan siklus II. Hasil angket diketahui minat siswapada prasiklus sebesar 65,7 %, pada siklus I sebesar 74,3 %, pada siklus II sebesar 85,7 %. Hasil observasi diketahui keantusiasan dan perhatian siswa sebesar  40 %,siklus I sebesar 71,4 %, Siklus II sebesar 94,3 %. Peran siswa pada prasiklussebesar 34,3 %, siklus I sebesar 62,9 %, siklus II sebesar 88,5 %, (2) kualitas hasil menulis paragraf deskripsi terjadi peningkatan pada prasiklus skor rata-rata 66,1, siklus I menjadi  77,6, siklus II mencapai 83.

Kata Kunci: Keterampilan Menulis, Paragraf Deskripsi, Media Karikatur


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.