ANALISIS PSIKOLOGI NOVEL CINTADI UJUNG SAJADAH KARYA ASMA NADIA DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI SMA KELAS XI
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan: (1) mendeskripsikan struktur novel Cinta di Ujung Sajadah Karya Asma Nadia; (2) mendeskripsikan psikologi novel Cinta di Ujung Sajadah Karya Asma Nadia; (3) mendeskripsikan rencana pelaksanaan pembelajaran novel Cinta di Ujung Sajadah Karya Asma Nadia di SMA kelas IX. Sumber data dalam penelitian ini berupa novel Cinta di Ujung Sajadah Karya Asma Nadia dan metode pembelajaran yang diterapkanĀ guru adalah metode pembelajaran kuantum dengan langkah tandur yaitu tumbuhkan, alami, namai, demonstrasi, ulangi, dan rayakan. Objek penelitian ini berupa novel Cinta di Ujung Sajadah Karya Asma Nadia. Pada penelitian ini difokuskan pada teori psikologi sastra meliputi id ego dan superego. Teknik pengumpulan data menggunakan metode obsevasi dan dibantu dengan teknik studi pustaka. Instrument penelitian yang paling utama yaitu penulis dan dibantu dengan nota pencatat, buku-buku teori sastra, dan buku psikologis sastra. Analisis data menggunakan metode analisi isi (Content analysis). Teknik penyajian data menggunakan metode informal. Dari hasil penelitian ini adalah (1) unsur intrinsik novel Cinta di Ujung Sajadah terdiri dari (a) tema (b) alur (c) tokoh dan penokohan (d) latar tempat, latar waktu, latar social (2) teori psikologis meliputi (id, ego dan superego). Novel Cinta di Ujung Sajadah juga sangat baik diajarkan di SMA terutama kelas XI bermanfaat bagi perkembangan ilmu kepribadian siswa.
Kata Kunci: Teori psikologis Sigmund Freud, unsur intrinsik, novel Cinta di Ujung Sajadah Karya Asma Nadia.
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.