PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PUISI MENGGUNAKAN METODE SUGESTI IMAJINASI PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 33 PURWOREJO TAHUN PEMBELAJARAN 2013/2014

Arif Joko Purwanto

Abstract


Penelitian dilakukan dengan tujuan  mendiskripsikan: (1) Mendiskripsikan penerapan pembelajaran menulis puisi dengan metode sugesti imajinasi pada siswa kelas VII G SMP Negeri 33 Purworejo;(2) Mendiskripsikan pengaruh  pembelajaran  menulis puisi pada siswa  kelas VI G SMP Negeri 33 Purworejo dengan metode sugesti imajinas; dan (3) Mendiskripsikan seberapa besar peningkatan kemampuan menulis puisi setelah menggunakan pembelajaran dengan metode sugesti imajinasi pada siswa  kelas VII G SMP Negeri 33 Purworejo. Pengambilan  data dilakukan dengan tes dan nontes. Dalam teknik penyajian hasil analisis data yang digunakan adalah metotode informal. Berdasarkan hasil analisis data, dapat disimpulkan yaitu (1) pembelajaran menulis puisi menggunakan metode sugesti imajinasi  dilakukan menggunakan dua siklus pembelajaran(2)   pengaruh  pembelajaran  menulis puisi pada siswa  kelas VI G SMP Negeri 33 Purworejo dengan metode sugesti imajinasi  pada aspek antusias ketika pembelajaran, keaktifan , interaksi tanggung jawab  pada pera siklus memperoleh sekor 18,83  sedangkan pada siklus I  memperoleh sekor 16, 5  dan mengamai peningkatan pada siklus dua dengan perolehan sekor 18,53 . (3) paningkatan dapat dilihat dari kemampuan awal siswa dengan rata-rata hasil prasiklus sebesar 68,69 termasuk kedalam katagori belum memenuhi KKM sedangkan nilai rata-rata yang diperoleh pada siklus I  74,29 berada pada katagori cukup. peningkatan pada pra-siklus sampai siklus I meningkat 5,6 poin, sedangkan peningkatan pada siklus I sampai dengan siklus II sebesar 7,75 poin dengan rata–rata pada siklus II 82,04 .

Kata kunci : Peningkatan ketrampilan, Menulis Puisi, Metode Sugesti Imajinasi


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.