Hak Cipta 2024 slot online| All Rights Reserved By Rajalangit88 | 18+
PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI DARI TEKS WAWANCARA MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN METODE KOOPERATIF MODEL THINK-PAIR SHARE PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 10 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2013/2014 | . | SURYA BAHTERA

PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS KARANGAN NARASI DARI TEKS WAWANCARA MELALUI PEMBELAJARAN DENGAN METODE KOOPERATIF MODEL THINK-PAIR SHARE PADA SISWA KELAS VII SMP NEGERI 10 PURWOREJO TAHUN AJARAN 2013/2014

Mukhlisotun .

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) hasil pembelajaran  dan perilaku siswa dalam menulis karangan narasi dari teks wawancara sebelum menggunakan metode think-pair share; (2) peningkatan keterampilan menulis karangan narasi dari teks wawancara setelah menggunakan metode think-pair share;  dan (3) perubahan perilaku siswa dalam pembelajaran menulis karangan narasi setelah menggunakan metode think-pair share. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah teknik tes dan nontes. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik analisis data kuantitatif dan kualitatif. Teknik penyajian hasil analisis data yang digunakan adalah teknik informal. Berdasarkan hasil analisis data dapat disimpulkan bahwa (1) hasil keterampilan siswa dalam menulis karangan narasi dari teks wawancara sebelum menggunakan metode think-pair share termasuk kategori kurang dibuktikan dengan nilai rata-rata prasiklus 54,3% dan perilaku siswa pada prasiklus masih dikategorikan kurang dibuktikan dengan keaktifan siswa dalam menanggapi stimulus dari guru sebesar 53% serta keaktifan siswa bertanya pada guru 16%; (2) peningkatan  keterampilan menulis karangan narasi setelah menggunakan metode think-pair share dapat dilihat dari hasil tes menulis siswa dari prasiklus hingga siklus II. Pada prasiklus diperoleh nilai rata-rata 54,3% meningkat menjadi 67% pada siklus I dan meningkat menjadi 77% pada siklus II; (3) perubahan perilaku siswa dapat dilihat dari prasiklus, siklus I, dan siklus II. Dari prasiklus, keaktifan siswa dalam menanggapi stimulus dari guru diperoleh nilai 53% meningkat 16% menjadi 69% pada siklus I dan meningkat 35% menjadi 88% pada siklus II. Peningkatan keaktifan siswa bertanya pada guru dari tahap prasiklus diperoleh nilai rata-rata 16% meningkat menjadi 28% pada siklus I  dan meningkat menjadi 38% pada siklus II.

 

Kata kunci: keterampilan menulis karangan narasi, teks wawancara, metode kooperatif model think-pair share.


Full Text:

PDF Text



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.