PENINGKATAN KETERAMPILAN MENULIS PERSUASI MENGGUNAKAN MEDIA POSTER PADA SISWA KELAS X SMA NEGERI 6 PURWOREJO TAHUN PELAJARAN 2013/2014
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan penerapan peningkatan keterampilan menulis persuasi menggunakan media poster pada siswa kelas X SMA Negeri 6 Purworejo tahun pelajaran 2013/2014. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas X SMA Negeri 6 Purworejo tahun pelajaran 2013/2014 sebanyak 31 siswa. Analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik analisis data kualitatif dan kuantitatif. Dalam pengumpulan data digunakan teknik tes dan nontes, sedangkan penyajian hasil analisis digunakan teknik informal. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa penggunaan media poster dalam pembelajaran menulis persuasi memberikan pengaruh positif terhadap perubahan perilaku siswa kelas X SMA Negeri 6 Purworejo. Hasil observasi siklus I siswa yang berantusias dalam pembelajaran sebesar 48,4%, siswa yang mempunyai perhatian terhadap materi yang disampaikan 58,1%, dan siswa yang berperan dalam kegiatan pembelajaran 54,8%. Pada siklus II siswa yang berantusias mengikuti pembelajaran sebesar 87,1%, siswa yang mempunyai perhatian terhadap materi yang disampaikan 80,6%, dan siswa yang berperan dalam kegiatan pembelajaran 74,2%. Hal ini menunjukkan peningkatan minat dan sikap belajar siswa dalam menulis persuasi. Peningkatan keterampilan menulis persuasi siswa dari prasiklus (69,6) meningkat menjadi (73,45) pada siklus I, dan meningkat menjadi (79,93) pada siklus II. Berdasarkan hal tersebut, penulis menunjukkan adanya peningkatan keterampilan menulis persuasi menggunakan media poster.
Kata Kunci: Menulis Persuasi, Media Poster, Siswa Kelas X SMA
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.