ANALISIS SOSIOLOGI SASTRA NOVEL IBUK, KARYA IWAN SETYAWAN DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA DI SMA

Bayu Duwi Mulyono

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) aspek-aspek sosial yang terdapat dalam novel Ibuk, karya Iwan Setyawan dan (2) rencana pelaksanaan pembel-ajaran sastra di SMA, khususnya aspek-aspek sosial yang terdapat dalam novel Ibuk, karya Iwan Setyawan.Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif.Objek penelitian ini adalah aspek-aspek sosial yang terdapat dalam novel Ibuk.Fokus penelitian berupa aspek kekerabatan, aspek ekonomi, aspek pendidikan, dan aspek cinta kasih di dalam novel Ibuk, pada siswa SMA.Pengumpulan data dalam penelitian ini dilakukan dengan teknik observasi.Teknik yang digunakan untuk menganalisis data dalam novel Ibuk, adalah teknik analisis isi (Content Analysis).Teknik yang digunakan penulis untuk menyajikan hasil analisis adalah teknik penyajian in-formal.Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) aspek-aspek sosial novel Ibuk, karya Iwan Setyawan meliputi; (a) aspek kekerabatan ditunjukkan dengan sikap Bapak dan Ibuk yang sangat erat hubungannya dengan anak-anaknya, (b) aspek ekonomi terlihat pada keluarga Ibuk yang menikah dengan Bapak yang sama-sama berasal dari golongan ekonomi bawah. Peralihan golongan ekonomi terlihat setelah Bayek bekerja di Amerika, Bayek mampu membantu keluarganya dari segi materi, (c) aspek pendidikan terlihat pada perjuangan Ibuk dan Bapak untuk menyekolahkan anak-anaknya setinggi mungkin.Ibuk dan Bapak tidak ingin nasib anak-anaknya seperti mereka berdua yang berpendidikan rendah.Usaha Ibuk dan Bapak membuahkan hasil yang memuaskan, Bayek dan saudara-saudaranya mampu melanjutkan pendidikan sampai perguruan tinggi, dan (d) aspek cinta kasih terlihat pada cinta kasih dari orang tua terhadap anak-anaknya. Ibuk dan Bapak berjuang sekuat mungkin untuk membahagiakan dan mewujudkan impian anak-anaknya, dan (2) rencana pelaksanaan pembelajaran novel Ibuk, dalam pembelajaran sastra di SMA, meliputi: standar kompetensi, kompetensi dasar, indikator, materi pembelajaran, metode pembelajaran, kegiatan pembelajaran, sumber belajar dan media, nilai-nilai karkater bangsa dan penilaian.

 

Kata kunci : aspek sosial, novel Ibuk, rencana pelaksanaan pembelajaran


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.