PENGGUNAAN MEDIA LINGKUNGAN SEKITAR SEKOLAH UNTUK MENINGKATKAN KETERAMPILAN MENULIS DESKRIPSI PADA SISWA KELAS X SMK N I KEPIL TAHUN PELAJARAN 2012/2013
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengungkap: (1) penerapan menulis paragraf deskripsi dengan menggunakan media lingkungan sekitar sekolah, (2) perubahan perilaku siswa dalam pembelajaran menulis paragraf deskripsi menggunakan media lingkungan sekitar sekolah, (3) peningkatan keterampilan siswa dalam menulis paragraf deskripsi menggunakan media lingkungan sekitar sekolah. Data yang diperoleh berupa data kuantitatif dan kualitatif. Dalam pengumpulan data penelitian dilakukan tes dan nontes. Dalam teknik analisis data, peneliti menggunakan metode kualitatif. Teknik penyajian hasil analisis data yang digunakan adalah metode penyajian informal. Dari hasil penelitian ini disimpulkan bahwa (1) langkah-langkah pembelajaran keterampilan menulis paragraf deskripsi dengan menggunakan media lingkungan sekitar sekolah dilaksanakan dengan tiga tahap yaitu prasiklus, siklus I, dan siklus II. Masing-masing siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi dan refleksi; (2) siswa mengalami perubahan perilaku positif terhadap proses pembelajaran menulis paragraf deskripsi menggunakan media lingkungan sekitar sekolah. Hal ini dilihat dari hasil nontes prasiklus, siklus I dan siklus II. Hasil observasi pada prasiklus siswa masih kurang dalam mengikuti pembelajaran. Pada siklus I dan pada siklus II sebagian besar siswa sudah mulai mengikuti dan menikmati pembelajaran yang diterapkan oleh penulis dengan baik; (3) hasil tes praktik menulis deskripsi siswa dari hasil tes kemampuan awal baru mencapai 69,6 dan rerata hasil tes siklus I adalah 75,91 atau terjadi peningkatan 6,31 angka. Nilai rerata hasil tes siklus II mencapai 80,17 atau terjadi peningkatan 4,26 angka. Rerata hasil tes kemampuan awal hingga siklus II meningkat 10,57 angka.
Kata Kunci: menulis deskripsi, lingkungan sekitar sekolah
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.