NILAI PENDIDIKAN ANTIKORUPSI DALAM CERPEN JALAN LAIN KE ROMA KARYA IDRUS DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS X SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan (1) unsur intrinsik cerpen Jalan Lain ke Roma karya Idrus; (2) nilai pendidikan antikorupsi cerpen Jalan Lain ke Roma karya Idrus; dan (3) skenario pembelajaran cerpen dengan materi unsur intrinsik dan nilai pendidikan antikorupsi yang terdapat dalam cerpen Jalan Lain ke Roma karya Idrus di kelas X SMA. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik baca dan catat. Tekhik analisis data dilakukan dengan teknik analisis isi. Hasil analisis data disajikan dengan teknik informal. Berdasarkan dari hasil analisis data, dapat disimpulkan bahwa (1) unsur intrinsik cerpen Jalan Lain ke Roma karya Idrus, meliputi tema, yaitu perjuangan Open untuk berterus terang dalam segala hal; tokoh dan penokohan, yaitu Open sebagai tokoh utama dan beberapa tokoh lainnya yang dapat mendukung cerita; alur yang meliputi lima tahapan, yaitu tahap penyituasian, pemunculan konflik, peningkatan konflik, klimaks, dan penyelesaian yang disajikan secara runtut; latar, yang meliputi latar tempat, waktu, dan sosial; sudut pandang yang digunakan pengarang adalah narrator observer; majas, yang meliputi perumpamaan, kiasan, penginsanan, alegori, alusi, elipsis, gradasi, oksimoron, dan hiperbola. Penggunaan majas tersebut efektif digunakan dalam cerpen karena dapat menyampaikan gagasan pengarang secara utuh tanpa menimbulkan salah tafsir oleh pembaca; dan amanat yang secara tersirat pengarang berpesan kepada pembaca agar menjunjung nilai kejujuran; (2) nilai pendidikan antikorupsi cerpen Jalan Lain ke Roma karya Idrus, meliputi nilai kejujuran, kemandirian, tanggung jawab, kedisiplinan, kerja keras, kesederhanaan, dan keberanian; dan (3) skenario pembelajaran cerpen dengan materi unsur intrinsik dan nilai pendidikan antikorupsi dalam cerpen Jalan Lain ke Roma karya Idrus di kelas X SMA, terdiri dari (a) menyampaikan materi tentang unsur intrinsik cerpen dan nilai pendidikan antikorupsi yang terdapat dalam cerpen; (b) menugasi siswa untuk membaca cerpen; (c) menugasi siswa untuk membuat ringkasan isi cerita; (d) menugasi siswa untuk mengidentifikasi dan menganalisis unsur intrinsik dan nilai-nilai pendidikan antikorupsi yang terdapat pada cerpen; (e) menugasi siswa untuk mendiskusikan hasil analisis kepada teman kelompok; dan (f) memberikan kesempatan kepada siswa untuk melaporkan hasil pekerjaan; serta (g) merefleksi kembali hasil pembelajaran dengan metode tanya jawab.
Kata kunci: unsur intrinsik, nilai pendidikan antikorupsi, skenario pembelajaran
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.