NILAI EDUKATIF NOVEL DAUN YANG JATUH TAK PERNAH MEMBENCI ANGINKARYA TERE LIYE DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI SMA

Gita Ayu Andriana

Abstract


Penelitian ini bertujuanuntuk mendeskripsikan (1) unsur intrinsik, (2) nilai edukatifdan (3) skenario pembelajaran novel Daun yang Jatuh tak pernah Membeci Angin(DYJTPMA) karya Tere Liye di SMA. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif. Sumber data penelitian ini adalah novel DYJTPMA. Objek penelitian ini adalah unsur intrinsik,nilai edukatif, dan skenario pembelajaran novel tersebut di SMA. Penelitian ini difokuskan pada sikap atau perilaku tokoh-tokoh yang mengandung nilai edukatif dan skenario pembelajaran novel tersebut di SMA. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah metode baca dan catat dan peneliti sebagai human instrumen yang dibantu kartu data. Metode analisis data yang digunakan adalah metode analisis isi. Hasil penelitian ini adalah (1) unsur intrinsik novel DYJTPMAterdiri dari tema, tokoh dan penokohan, latar, alur, dan sudut pandang yang saling berkaitan, (2) novel DYJTPMAsarat dengan nilai-nilai edukatif yang meliputi nilai religius, moral, sosial, dan budaya, dan (3) Skenario pembelajaran novel di SMA dilakukan dengan tiga tahap, yakni (a) ta-hap perencanaan (guru melakukan preliminary assessment atau pelacakan penda-huluan, menentukan practical decision atau sikap praktis, membuat RPP, menyusun instrumen penilaian, dan menyiapkan media serta sumber belajar), (b) tahap pelak-sanaan (digunakan model Moody dengan langkah-langkah: introduksi, penyajian, diskusi, dan pengukuhan), (c) tahap refleksi, yakni guru menganalisis dan merenungkan proses pelaksanaan pembelajaran, menganalisis hasil evaluasi belajar siswa, membuat soal remidi dan materi pengayaan jika diperlukan, dan menyusun rencana perbaikan atau penyempurnaan untuk pembelajaran mendatang.

 

Katakunci: unsur intrinsik, nilai edukatif, Daun yang Jatuh tak pernah Membenci Angin


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.