NILAI PENDIDIKAN KARAKTER DALAM NOVEL SURAT KECIL UNTUK TUHAN KARYA AGNES DAVONAR DAN SKENARIO PEMBELAJARANNYA DI KELAS XI SMA
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik novel Surat Kecil untuk Tuhan karya Agnes Davonar, (2) nilai pendidikan karakter novel Surat Kecil untuk Tuhan karya Agnes Davonar, (3) skenario pembelajaran nilai pendidikan karakter dalam novel Surat Kecil untuk Tuhan karya Agnes Davonar di kelas XI SMA. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Fokus penelitian ini adalah nilai pendidikan karakter dalam novel Surat Kecil untuk Tuhan karya Agnes Davonar dan skenario pembelajarannya di kelas XI SMA. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini adalah teknik baca dan teknik catat. Data yang digunakan berupa kutipan langsung dan tidak langsung. Instrumen penelitian ini adalah penulis sendiri sebagai peneliti, kartu pencatat data, dan alat tulisnya. Analisis data dilakukan dengan metode analisis isi. Penyajian hasil analisis menggunakan teknik penyajian informal. Hasil yang diperoleh dari penelitian ini adalah novel Surat Kecil untuk Tuhan karya Agnes Davonar mengandung (1) struktur karya sastra, yaitu: (a) tema, (b) tokoh dan penokohan, (c) alur, (d) latar, dan (e) sudut pandang. Unsur-unsur tersebut saling berhubungan dan bernilai estetik; (2) nilai-nilai pendidikan karakter yang ditemukan dalam novel tersebut, yaitu: (a) nilai pendidikan karakter novel Surat Kecil untuk Tuhan yang berhubungan dengan Tuhan, (b) nilai pendidikan karakter novel Surat Kecil untuk Tuhan yang berhubungan dengan diri sendiri, (c) nilai pendidikan karakter novel Surat Kecil untuk Tuhan yang berhubungan dengan keluarga, (d) nilai pendidikan karakter novel Surat Kecil untuk Tuhan yang berhubungan dengan masyarakat, dan (e) nilai pendidikan karakter novel Surat Kecil untuk Tuhan yang berhubungan dengan alam sekitar; (3) skenario pembelajaran novel Surat Kecil untuk Tuhan di kelas XI SMA dilaksanakan dengan model kontekstual adalah sebagai berikut: (a) pendahuluan, (b) inti, dan (c) penutup.
Kata Kunci: nilai pendidikan karakter, skenario pembelajaran
Full Text:
PDF TextRefbacks
- There are currently no refbacks.
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.