CITRA TOKOH WANITA DALAM NOVEL BUMI BIDADARI KARYA TAUFIQURRAHMAN AL-AZIZY DAN RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARANNYA

Ratna Kusumo Wardani

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik novel Bumi Bidadari karya Taufiqurrahman al-Azizi, (2) unsur ektrinsik novel Bumi Bidadari karya Taufiqurrahman al-Azizi, dan (3) rencana pelaksanaan pembelajaran novel Bumi Bidadari Karya Taufiqurrahman al-Azizi di SMA. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif kualitatif. Hasil penelitian ini adalah (1) unsur intrinsik novel Bumi Bidadari terdiri atas tema wanita salehah dalam menghadapi berbagai permasalahan dalam kehidupannya; tokoh utamanya Fatimah, sedangkan tokoh tambahannya adalah Maysaroh, Bu Layla, Prastowo; latar tempat di rumah, serambi masjid; latar waktu malam hari, pagi hari, dan sore hari; latar sosial adalah status sosial masyarakat menengah ke bawah; sudut pandang yang digunakan orang ketiga yang maha tahu atau teknik “dia-an”; amanatnya yaitu barang siapa bersungguh-sungguh maka ia akan berhasil; citra wanita novel Bumi Bidadari karya Taufiqurrahman al-Azizi ada dua yaitu citra diri dan citra sosial; (a) Fatimah secara fisik cantik, tubuh ramping, kuat; secara psikis penyayang, peduli, penurut; di keluarga dicitrakan sebagai anak, isteri; di masyarakat dicitrakan wanita yang aneh; (b) Maysaroh secara fisik berusia muda, telapak tangan halus, rambut hitam pekat; secara psikis wanita tegas, pemberani; di keluarga dicitrakan anak yang patuh pada ibunya; di masyarakat dicitrakan berhati mulia; (c) Bu Layla secara fisik tua; secara psikis bijaksana, penyayang; di keluarga dicitrakan sebagai ibu; di masyarakat dicitrakan sebagai janda; (d) Nyi Sumirah secara fisik dicitrakan tua; secara psikis dicitrakan sopan, pasrah; di keluarga dicitrakan sebagai ibu, isteri; di masyarakat dicitrakan sebagai orang tersohor/ terhormat. Citra wanita dalam novel Bumi Bidadari ini disajikan melalui susunan cerita sehingga tidak bersifat menggurui; (3) rencana pelaksanaan pembelajaran novel Bumi Bidadari dengan langkah-langkah kegiatan pembelajaran, meliputi pendahuluan, inti (eksplorasi, elaborasi, konfirmasi), dan penutup.

 

Kata kunci: unsur intrinsik, citra wanita, rencana pelaksanaan pembelajaran


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.