ANALISIS NILAI-NILAI MORAL NOVEL RAMAYANA KARYA SUNARDI D.M. DAN IMPLEMENTASI PEMBELAJARANNYA DI SMA

Yusuf Dwi Wibowo

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) mendeskripsikan unsur instrinsik novel Ramayana karya Sunardi D.M., (2) mendeskripsikan wujud nilai moral novel Ramayana karya Sunardi D.M., dan (3) menjelaskan implementasi pembelajaran unsur intrinsik dan nilai-nilai moral dalam novel Ramayana karya Sunardi D.M di SMA. Metode yang digunakan adalah metode deskriptif kualitatif. Hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) unsur intrinsik dalam novel Ramayana, temanya adalah perjuangan dan pengorbanan untuk cinta dan kedamaian di dunia, tokoh utamanya adalah Ramawijaya, penokohan dilakukan secara analitik dan dramatik, alurnya adalah alur maju, latarnya dihadirkan secara konkret serta amanatnya dikemas dalam cerita. (2) wujud nilai moral novel Ramayana mencakup tiga aspek yaitu; (a) hubungan manusia dengan Tuhan meliputi berdoa, bersyukur, memuji tuhan, dan beribadah, (b) hubungan manusia dengan manusia meliputi keakraban, memberi semangat, persaudaraan, sikap kekeluargaan, taat, memberi nasihat, dan setia kawan, (c) hubungan manusia dengan alam sekitar meliputi memuji keindahan, (d) hubungan manusia dengan diri sendiri meliputi kasih sayang, pantang menyerah, rela berkorban, bela negara, sabar, niat baik, pemaaf, dan instropeksi diri, dan (3) implementasi pembelajaran novel Ramayana dalam pembelajaran sastra di SMA disajikan dalam bentuk rencana pelaksanaan pembelajaran dengan model pembelajaran Paikem beserta langkah-langkah kegiatan pembelajaran meliputi pendahuluan, inti (eksplorasi, elaborasi, konfirmasi), dan penutup.

 

 

Kata Kunci: nilai moral, unsur instrinsik, implementasi pembelajarannya di SMA.


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.