ANALISIS NILAI MORAL PADA NOVEL SEPATU DAHLAN KARYA KHRISNA PABICHARA DAN SKENARIO PEMBELAJARAN SASTRA PADA SISWA KELAS XI SMA

Suci Kariati

Abstract


Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: (1) unsur intrinsik novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara, (2) nilai-nilai moral dalam novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara, (3) skenario langkah-langkah pembelajaran unsur intrinsik dan nilai moral pada novel Sepatu Dahlan karya Khrisna Pabichara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode deskriptif kualitatif. Artinya, penulis membahas dan mengkaji novel tidak menggunakan angka, tetapi menekan pada diskripsi. Dari hasil penelitian disimpulkan bahwa (1) unsur intrinsik novel Sepatu Dahlan terdiri dari tema, tokoh dan penokohan, alur, latar, sudut pandang, hubungan antar unsur dan amanat. Unsur intrinsik tersebut saling ber-hubungan sehingga membentuk totalitas cerita yang padu dan harmonis; (2) nilai-nilai moral yang ada dalam novel Sepatu Dahlan diantaranya adalah (a) hubungan manusia dengan Tuhan-Nya meliputi takwa dan ber-ibadah, (b) nilai-nilai moral hubungan manusia dengan manusia melputi toleransi, bersahabat, dan peduli sosial, (c) nilai-nilai moral hubungan manusai dengan diri sendiri meliputi jujur, mandiri, rasa ingin tahu, pekerja keras, disiplin, tanggung jawab, dan menghargai prestasi, (d) nilai-nilai moral hubungan manusia dengan alam sekitar meliputi memuji keindahan; (3) skenario pembelajaran novel Sepatu Dahlan dalam pembelajaran me-liputi pendahuluan, inti (eksplorasi, elaborasi, konfirmasi), dan penutup.

Kata kunci: Nilai Moral, novel Sepatu Dahlan, Skenario Pembelajaran Sastra


Full Text:

PDF Text

Refbacks

  • There are currently no refbacks.



Lisensi Creative Commons
Ciptaan disebarluaskan di bawah Lisensi Creative Commons Atribusi-BerbagiSerupa 4.0 Internasional.